DEWG Sepakati Penyediaan Akses Telekomunikasi Merata

CRCOID – Pertemuan Pertama Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Digital Economy Working Group/DEWG G20 menyepakati pentingnya penyediaan akses telekomunikasi merata bagi seluruh lapisan masyarakat, terlebih kelompok rentan dan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Konektivitas digital yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat menjadi semakin penting mengingat pandemi COVID-19 yang mendorong berbagai aktivitas manusia ke ruang digital di tengah keterbatasan fisik yang ada sehingga pendekatannya tidak terbatas pada aspek infrastruktur fisik saja, tetapi juga harus berorientasi human-centric,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Sekjen Kementerian Kominfo) Mira Tayyiba.

Hal itu berlaku bagi seluruh lapisan masyarakat, terlebih untuk keberlangsungan bisnis para pelaku UMKM serta mendukung aktivitas kelompok rentan, ujar Mira dalam pernyataan pers, Rabu.

Lebih lanjut, Mira menyebut para delegasi anggota G20 lainnya telah menyampaikan masukkan yang konstruktif untuk bisa mendukung konektivitas pascapandemi sehingga diharapkan bisa terealisasi dengan optimal.

Baca Juga:
Menkominfo Ajak Anggota G20 Kolaborasi Wujudkan Transformasi Digital Inklusif, Memberdayakan, dan Berkelanjutan

Tentunya ini memudahkan eksekusi keputusan ke depannya karena sudah lebih banyak pembahasan yang mendalam sejalan dengan visi yang dibawa dalam Presidensi G20 Indonesia.

“Dalam sesi pertama 1st DEWG Meeting kali ini, para delegasi telah menyatakan dukungannya terhadap Isu Prioritas Satu DEWG yang diangkat oleh Presidensi Indonesia. Beberapa negara anggota G20 juga memberikan berbagai masukan konstruktif berupa perluasan Isu Prioritas Konektivitas dan Pemulihan Pascapandemi COVID-19 menjadi beberapa subtopik atau agenda rinci yang lebih konkret,” ujar Mira.

Dalam sesi pembahasan Isu Prioritas DEWG yang pertama, para negara anggota juga menyambut baik usulan elevasi Digital Innovation League (DIN) dan penyelenggaraan Digital Transformation Expo (DTE) yang diajukan oleh Presidensi Indonesia.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Loot Box dan Legendary Emote Gratis di FF Max Minggu Ini

“Para delegasi juga memberikan perhatian untuk menerapkan pendekatan multidisiplin dalam mendiskusikan konektivitas digital. Selain itu, para delegasi juga menyambut baik elevasi Digital Innovation League menjadi Digital Innovation Network sekaligus memberikan dukungannya terhadap penyelenggaraan Digital Transformation Expo. Kami telah mencatat berbagai masukan yang disampaikan dalam forum untuk menjadi bahan pertimbangan serta kajian lebih lanjut,” katanya.

Sekjen Kementerian Kominfo Mira Tayyiba mengapresiasi partisipasi aktif berupa masukan dan saran untuk penyempurnaan isu prioritas konektivitas digital bagi masyarakat dunia.

Baca Juga:
Menkominfo Berharap DEWG Bisa Jembatani Kepentingan Negara Maju dan Berkembang

“Kami menghargai dukungan yang disampaikan delegasi negara anggota G20 dalam forum DEWG untuk masalah prioritas ini. Dan kami berharap untuk kolaborasi dan kerja sama lebih lanjut,” tutupnya.



Source link