Teleskop Hubble Temukan Bintang Tunggal Terjauh

CRCOID – Teleskop Luar Angkasa Hubble menemukan bintang tunggal atau sistem bintang terjauh yang pernah ditemukan, berjarak 900 juta tahun.

Dilaporkan dalam jurnal Nature, itu adalah pengamatan terjauh yang membutuhkan lensa gravitasi untuk dicapai.

Cahaya dari galaksi yang menampung bintang tersebut dapat dibelokkan oleh gravitasi dari gugus galaksi di latar depannya.

Galaksi muncul sebagai strip cahaya tipis yang dijuluki Busur Matahari Terbit.

Baca Juga:
Pertama Kalinya! Astronom Temukan Lubang Hitam Hantu

Penelitian tentang Busur Matahari Terbit mengungkapkan satu bintang atau mungkin sistem biner yang diisolasi dari bagian galaksi lainnya.

Tim ilmuwan menamai bintang tersebut “Earendel”, diambil dari puisi bahasa Inggris kuno yang berarti Bintang Kejora atau Bintang Baru.

Bintang tunggal terjauh, Earendel. [Nature]
Bintang tunggal terjauh, Earendel. [Nature]

“Ini adalah bintang paling jauh yang telah ditemukan sejauh ini, yang sangat menarik hanya untuk superlatifnya,” kata Brian Welch, penulis utama penelitian, dikutip dari IFL Science, Jumat (1/4/2022).

Tim ilmuwan berharap dapat mempelajari lebih lanjut bintang tersebut menggunakan James Webb Space Telescope (JWST), teleskop raksasa yang baru diluncurkan.

Para ahli mengharapkan beberapa gambar yang lebih detail dan spektrum cahaya bintang.

Baca Juga:
Hubble Ungkap Rahasia Anti Penuaan Bintang Katai Putih

Meskipun para peneliti mungkin tidak dapat menganalisis komposisi bintang dengan lengkap, tim berharap dapat mengetahui massa dan suhu Earendel.



Source link

Baca Juga  Sasar Pekerja Lapangan, Hytera dari Harrisma Perkenalkan Teknologi Push To Talk Over Cellular