APJII dan Biznet Luncurkan Layanan Indonesia Internet Exchange Pertama di Luar Jakarta

CRCOID – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) dan PT Dinamika Raya Prima atau Biznet Data Center (BDC) bekerja sama meluncurkan simpul Indonesia Internet Exchange (IIX) terbaru di Biznet Technovillage Cimanggis, dengan jarak 39 km dari pusat Kota Jakarta.

Kolaborasi strategis ini menjadi tonggak pencapaian APJII bersama Biznet Data Center untuk mengusung simpul IIX pertama di luar Jakarta. Tujuannya untuk memperluas jangkauan dan percepatan konten digital bagi banyak pelanggan.

Ketua Umum APJII Muhammad Arif mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan efisiensi interkoneksi antar anggota APJII, salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan Biznet Data Center.

Ketua Umum APJII Muhammad Arif dan Direktur Biznet Data Center, Dondy Bappedyanto [Biznet]
Ketua Umum APJII Muhammad Arif dan Direktur Biznet Data Center, Dondy Bappedyanto [Biznet]

“Kerja sama ini akan memberikan manfaat langsung bagi anggota APJII dan masyarakat dalam hal experience berinternet di era serba online,” ujar Arif dalam keterangannya, Minggu (3/4/2022).

Baca Juga:
Perkuat Industri Big Data Indonesia, APJII dan Binokular Galang Kerja Sama

Ia menambahkan, akselerasi transformasi digital sangat bergantung pada infrastruktur Internet, yang mana Indonesia Internet Exchange (IIX) merupakan elemen ekosistem infrastruktur Internet yang vital.

“Penambahan simpul cakupan Indonesia Internet Exchange (IIX) akan mendorong peningkatan pemanfaatan akses Internet yang bagi masyarakat, khususnya dalam meningkatkan ekonomi digital Indonesia,” ungkap Arif.

Untuk memfasilitasi simpul terbaru IIX ini, Biznet Data Center telah mempersiapkan infrastruktur jaringan dengan kapasitas jaringan sebesar 100 Gbps yang akan terus dikembangkan.

Jika sebelumnya pelanggan perlu melakukan interkoneksi ke Gedung Cyber 1 di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, kini mereka semakin dipermudah dengan hanya menghubungkan ke perangkat APJII-IIX yang sudah tersedia di Biznet Data Center, Technovillage Cimanggis.

Kolaborasi ini juga membuat pelanggan terutama penyedia jaringan Internet, konten digital, serta cloud dan hosting untuk memiliki alternatif rancangan konektivitas. Dengan demikian, itu meningkatkan efisiensi serta menaikkan pengalaman pengguna melalui kecepatan akses layanan digital berlatensi rendah.

Baca Juga  7 Game LEGO di PC Terbaik Mei 2022

Baca Juga:
Internet Biznet Resmi Hadir di Kupang

Direktur Biznet Data Center, Dondy Bappedyanto menyatakan, pihaknya berkomitmen untuk menghadirkan layanan interkoneksi yang terintegrasi. Sehingga itu mampu memenuhi kebutuhan ekosistem digital untuk mendukung berbagai segmen industri.

“Kami siap memfasilitasi kebutuhan seluruh anggota APJII untuk mendapatkan interkoneksi ke IIX di dalam Biznet Data Center tanpa biaya,” ujar dia.

“Selain itu, kami juga memiliki jaringan antardata center dengan kapasitas hingga 1Gbps yang terhubung ke beberapa data center di Indonesia yang juga kami berikan gratis sebagai fasilitas bagi pelanggan,” ungkapnya.

Pada 2020, Biznet Data Center telah merampungkan peningkatan daya listrik hingga 6 Megawatts guna menjawab kebutuhan penempatan data yang besar dan dinamis. Demikian juga dari sisi sertifikasi, Biznet Data Center telah mengantongi sertifikasi Tier III Facility dari Uptime Institute.

“Kami telah memiliki rencana untuk membangun data center di beberapa kota sebagai edge data center, yang akan memperkecil latensi dan mempercepat akses ke konten digital yang dibutuhkan oleh masyarakat di sekitar kota tersebut,” jelas Dondy Bappedyanto.



Source link