Langkah Mudah Kosongkan Penyimpanan iPhone yang Penuh, Tanpa Butuh Aplikasi

CRCOID – Memori penyimpanan iPhone yang tiba-tiba penuh tentu menjadi hal yang cukup menjengkelkan untuk para pengguna smartphone tersebut. Apalagi, iPhone tidak didukung fitur berupa perluasan memori secara eksternal menggunakan slot microSD tambahan. Mau tidak mau, anda hanya bisa mengandalkan penyimpanan internal yang ada saja.

Hal tersebut membuat beberapa pengguna akhirnya memutuskan menyimpan file miliknya melalui platform Cloud, seperti iCloud atau Google Drive, ketika memori peringatan semacam “iPhone Storage Full” sudah muncul pada smartphone Anda.

Dikutip dari u Ponsel, iCloud adalah layanan gratis untuk menyimpan semua foto, video, file dan lainnya yang terpasang di setiap perangkat Apple.

“Menyimpan file di platform tersebut bisa menjadi jalan pintas mengatasi memori iPhone yang penuh. Namun demikian, proses pengunggahan file di platform Cloud itu juga memakan waktu. Terlebih ketika koneksi internet tak berjalan dengan baik,” demikian ulasan di laman U Ponsel.

Baca Juga:
Sama-sama Keren, Perbandingan iPhone 13 vs Samsung Galaxy S22 5G

Kemudian, platform tersebut juga memiliki kapasitas yang terbatas. Seperti diketahui, iCloud diberi kapasitas penyimpanan sebesar 5 GB. Apabila pengguna ingin mendapat kapasitas yang lebih besar maka mereka perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk berlangganan.

Artinya, tak selamanya pengguna bisa memilih cara tersebut. Lalu, apa yang harus dilakukan pengguna ketika penyimpanan iPhone penuh?

Pertama, Anda bisa mengurangi iPhone storage dengan menghapus media hingga cache aplikasi. Anda juga tidak perlu memakai aplikasi tambahan untuk mengurangi iPhone storage. Ikuti penjelasan cara mengosongkan memori iPhone di bawah ini, dirangkum dari jurnal indo :
1. Hapus file media kurang penting
Anda bisa menghapus file media seperti foto atau video, yang kurang penting dah hanya menumpuk di galeri iPhone. Satu foto yang diambil lewat kamera iPhone, umumnya ukurannya bisa mencapai lebih dari 2 MB.

Baca Juga  Viral Kurir Baik Hati Bantu Tutup Pintu Pagar yang Terbuka, Takut Hewan Peliharaan Diambil Orang

Jika Anda memiliki 1000 foto atau lebih, maka ruang penyimpanan iPhone semakin cepat terisi penuh. Maka, langkah untuk mengosongkan memori iPhone bisa dilakukan dengan menghapus file media yang kurang penting.

File tersebut bisa dihapus dengan mengakses galeri iPhone. Lalu, buka album Anda dan seleksi file foto atau video yang kurang penting untuk dihapus.

Baca Juga:
Cara Transfer Data iPhone ke Android via Aplikasi “Pindah ke iOS”

Kemudian, segera cek folder “Baru Dihapus” dan ketuk opsi “Pilih”. Kemudian, klik opsi “Hapus Semua” untuk membersihkan file media secara permanen dari memori ponsel Anda.



Source link