2 Kura-kura Galapagos Berhasil Dikembangbiakkan di Kebun Binatang untuk Pertama Kalinya

CRCOID – Dua kura-kura raksasa Galapagos berhasil dikembangbiakkan di kebun binatang Inggris untuk pertama kalinya.

Kura-kura yang baru lahir itu diasuh oleh kura-kura dewasa bernama Dirk yang berusia 70 tahun. Para ahli mengatakan Dirk berada dalam kondisi fisik puncak dan dikawinkan dengan Charlie yang berusia 21 tahun pada November lalu di Crocodiles of the World, Oxfordshire.

Meskipun saat ini kura-kura tersebut baru berukuran sebesar bola tenis, namun keduanya akan tumbuh dengan berat sekitar 190 kg saat dewasa.

Kura-kura Galapagos raksasa yang terkenal dengan leher panjangnya memiliki umur lebih dari 100 tahun dan identik dengan Charles Darwin.

Baca Juga:
Diego, Kura-kura Playbo Penyelamat Spesies Akhirnya Pensiun

Naturalis Inggris menyadari makhluk itu menyesuaikan bentuk fisik dengan lingkungan tempat tinggalnya dan leher yang panjang mampu membantu kura-kura untuk meraih vegetasi tinggi di Kepulauan Galapagos.

Saat ini, Crocodiles of the World memiliki empat kura-kura dewasa, di mana tiga betina bernama Zuzu, Isabella dan Charlie, serta jantan bernama Dirk. Semuanya adalah bagian dari program konservasi Eropa.

Kura-kura raksasa Galapagos terdaftar sebagai hewan yang terancam punah dalam Daftar Merah International Union for Conservation of Nature (IUCN). Hanya ada sekitar 15.000 kura-kura Galapagos yang masih ada di Bumi, jumlahnya menurun dari 200.000 di abad ke-19.

“Kami sangat bangga telah berhasil membiakkan kura-kura ini, yang sebelumnya hampir punah. Mereka masih menghadapi masa depan yang tidak pasti, terutama karena eksploitasi berlebihan dan pemangsaan telur dari spesies invasif,” kata Shaun Foggett, pendiri Crocodiles of the World, seperti dikutip dari Independent pada Sabtu (2/4/2022).

Dirk pertama kali tiba di Inggris dari padang gurun Galapagos pada 1962.

Baca Juga  Riwayat Imunisasi Anak Terintegrasi dalam Aplikasi PeduliLindungi

Baca Juga:
Telah Punah, Ilmuwan Kembali Temukan Spesies Kura-kura Raksasa Galapagos

Penjaga di kebun binatang secara teratur memantau kemajuan pendatang baru dengan memberinya makan rumput kering, sayuran hijau, kaktus pir, dan gulma.



Source link