Sangat Langka, Kura-kura Albino Mungil Ditemukan di India

CRCOID – Seekor kura-kura yang sangat langka dengan kondisi albinisme ditemukan di sekitar danau di India selatan. Hewan tersebut memiliki cangkang yang sangat pucat dan mata merah muda.

Dilaporkan dalam jurnal Reptiles & Amphibians, kura-kura jantan ini pertama kali ditemukan oleh fotografer satwa liar Manoj Kumar Vittapu dan Shravan Kumar Poshetty pada Agustus 2021 di dekat kolam air tawar di bagian hutan Sirinepally, Distrik Nizamabad, Telangana.

Kura-kura albino di India [Manoj Kumar Vittapu via IFL Science].
Kura-kura albino di India diletakkan di telapak tangan [Manoj Kumar Vittapu via IFL Science].

Meski hanya berukuran 4 cm kali 3 cm, kura-kura tersebut menarik perhatian karena kekurangan pigmen. Kedua fotografer tersebut memberikan foto kura-kura itu kepada Buddi Laxmi Narayana, seorang kurator di Taman Zoologi Nehru dan menegaskan bahwa itu adalah contoh langka bagi kura-kura India albino.

Albinisme adalah mutasi genetik langka yang menyebabkan kulit, rambut, atau mata tidak memiliki pigmen.

Baca Juga:
Bayi Badak Sumatera Langka Lahir di Suaka Margasatwa Indonesia

Dilansir dari IFL Science pada Senin (4/4/2022), individu dengan kondisi bawaan seperti ini memiliki varian gen resesif yang secara efektif “mematikan” produksi pigmen melanin, zat yang memberi warna pada kulit, mata, dan rambut.

Berkurangnya jumlah melanin juga dapat menyebabkan masalah penglihatan.

Kura-kura flapshell India (Lissemys punctata) dapat ditemukan di sungai dan danau di beberapa wilayah Pakistan, India, Sri Lanka, Nepal, Bangladesh, dan Myanmar.

Meskipun keberadaan kura-kura flapshell albino telah dilaporkan sebelumnya, ini adalah yang pertama dari jenisnya yang ditemukan di Telangana.

Sayangnya, penampilan kura-kura yang menonjol cenderung menghambat peluangnya untuk bertahan hidup di alam liar.

Baca Juga:
2 Kura-kura Galapagos Berhasil Dikembangbiakkan di Kebun Binatang untuk Pertama Kalinya

Tidak hanya dapat menyebabkan masalah kesehatan, tetapi satwa itu juga akan mudah terlihat oleh pemangsa karena kurang memiliki kemampuan kamuflase.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan vivo Y01 – Baterai 5.000mAh dengan Android Go



Source link