Terjadi Lagi, Rusia Ancam Akan Keluar Dari Program Stasiun Luar Angkasa Internasional

CRCOID – Rusia sekali lagi mengancam akan mengakhiri kerja samanya dengan Barat dalam program Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Dmitry Rogozin, kepala badan antariksa federal Rusia Roscosmos, mengecam sanksi yang diberikan Amerika Serikat, Jepang, Kanada, dan Uni Eropa terhadap negaranya karena invasi Rusia ke Ukraina.

“Tujuan dari sanksi itu adalah untuk membunuh ekonomi Rusia, menjerumuskan rakyat ke dalam keputusasaan dan kelaparan serta membuat negara kami bertekuk lutut,” tulis Rogozin melalui cuitan Twitter pada 2 April.

Badan Antariksa Rusia, Roscosmos. [Shutterstock]
Badan Antariksa Rusia, Roscosmos. [Shutterstock]

Dilansir dari Space.com pada Senin (4/4/2022), Rogozin menambahkan bahwa mitra di ISS harus mencabut sanksi tersebut tanpa syarat agar hubungan antara negara bisa kembali pulih menjadi normal.

Baca Juga:
Developer Rusia Bikin Toko Aplikasi Pengganti Google Play Store

Rogozin juga menyampaikan keluhan ini kepada lembaga mitra ISS secara formal pada 14 Maret dan mengunggah beberapa tanggapan mitra terhadap surat tersebut.

Dalam salah satu cuitannya pada 30 Maret, Rogozin menuliskan surat dari Bill Nelson sebagai Administrator NASA yang berbunyi, “Amerika Serikat mendukung kerja sama antariksa pemerintah internasional, terutama kegiatan yang terkait dengan pengoperasian ISS dengan Rusia, Kanada, Eropa, dan Jepang. Langkah-langkah kontrol ekspor yang baru dan yang sudah ada terus memungkinkan kerja sama antara Amerika Serikat dan Rusia untuk memastikan operasi ISS yang berkelanjutan.”

Meskipun mengecam, namun cuitan Rogozin baru-baru ini tidak berarti bahwa program ISS akan segera dibubarkan.

Walaupun Rogozin mengatakan bahwa sanksi ekonomi yang baru ditetapkan dapat menghancurkan kemitraan ISS, namun stasiun luar angkasa itu tetap berjalan seperti biasa.

Baca Juga:
Aman dan Mudah, Cara Mendapatkan Diamond di Mobile Legends



Source link

Baca Juga  Ada Yagami's Gift, Cepat Klaim Kode Redeem FF 18 April 2022