7 Cara Maksimalkan Keamanan Akun Telegram Kamu

CRCOID – Isu kebocoran data menjadi fenomena global, di mana ada sekitar 1.862 kasus kebocoran data di seluruh dunia pada 2020 menurut Identity Theft Resource Center’s 2021 Data Breach Report.

Salah satu cara menjaga keamanan datamu adalah melalui fitur bernama end-to-end encryption.

Fitur ini mencegah pihak ketiga, termasuk platform aplikasi messenger, mengakses data saat data tersebut ditransfer dari satu sistem atau perangkat ke perangkat lainnya.

Fitur ini akan membuat percakapanmu aman dari kebocoran data karena hanya pengirim dan penerima yang bisa melihat pesan yang dikirim.

Baca Juga:
Cara Dana Cegah Serangan Siber di Aplikasinya

Telegram juga telah mengadopsi teknologi end-to-end encryption yang ada di dalam fitur Secret Chat.

Selain menggunakan fitur end-to-end encryption, Secret Chat hanya bisa diakses melalui satu perangkat saja, sehingga memudahkanmu melakukan pengawasan terhadap akun dan riwayat percakapanmu.

Ilustrasi kebocora data. [Kevin Ku/Unsplash]
Ilustrasi kebocora data. [Kevin Ku/Unsplash]

Cukup klik kontak orang yang ingin kamu kirimkan pesan, klik namanya, kemudian klik Start Secret Chat pada ikon “more” untuk mengaktifkan fitur Secret Chat-mu.

Masih ragu dengan keamanan aplikasimu? Jangan khawatir, karena ada beberapa cara lainnya meningkatkan keamanan akun Telegram. Penasaran? Simak tips berikut!

1. Sembunyikan Nomor Teleponmu

Baca Juga:
Instagram Luncurkan Fitur Keamanan ‘Aktivitas Anda’ dan ‘Pemeriksaan Keamanan’ secara Global

Meskipun orang asing tidak dapat melihat nomor telepon kamu secara default, pengguna lain dapat melihat jika nomor telepon mereka tersimpan di telepon kamu dan menyinkronkan kontak kamu dengan Telegram.



Source link

Baca Juga  Televisi Masih Favorit Belanja Iklan, Pertumbuhan Online Services Paling Tinggi di Media Sosial