Cara Membersihkan Berkas Sampah di Handphone vivo Biar Tidak Mengganggu Kinerja

Cara Membersihkan Sampah di HP vivo - Header

CRCOID. – Membersihkan berkas sampah di handphone vivo memang sangat perlu dilakukan oleh setiap pengguna supaya kapasitas penyimpanan tidak menjadi penuh dan mengganggu kinerja perangkat.

Normalnya, setiap aktivitas yang kita kerjakan dengan menggunakan handphone memerlukan berbagai macam data. Aplikasi pun akan memproduksi lalu menyimpannya di memori internal jika berkas yang dibutuhkan belum ada.

Pembentukan berkas ini akan berlangsung setiap saat. Mulai dari memasang hingga menggunakan aplikasi untuk melihat gambar atau sekedar mengobrol, data-data yang berhubungan akan terbentuk supaya prosesnya bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Seiring berjalannya waktu, berbagai macam data tersebut sayangnya dapat berubah menjadi sampah. Hal ini bisa dikarenakan seperti aplikasi sudah memproduksi berkas lebih mutakhir sehingga yang lama tidak diperlukan lagi.

Pada handphone-handphone buatan vivo, produksi data secara otomatis ini juga akan berlangsung. Perusahaan saudara OPPO itu untungnya membekali fitur i Manager yang bisa dipakai untuk membersihkan berkas sampah dengan mudah.

Cara Membersihkan Berkas Sampah di Handphone vivo

Menggunakan i Manager

  1. Cari dan buka aplikasi i Manager
  2. Tunggu aplikasi memindai perangkat
  3. Masuk ke menu Space cleanup setelah pemindaian selesai
  4. Ketuk tombol Clean up all
  5. Klik tombol One-touch cleanup
  6. Tunggu proses pembersihan selesai

Terdapat tiga jenis berkas sampah yang akan ikut terhapus saat kita membersihkan media penyimpanan dengan menggunakan cara di atas. Adapun termasuk di antaranya meliputi cache yang tidak terpakai, berkas sementara, maupun log file.

Namun perlu diingat bahwa antarmuka i Manager bisa saja berbeda-beda untuk setiap versi sistem yang ditawarkan oleh handphone vivo. Kita kemungkinan perlu menyesuaikan beberapa langkah di atas jika hal tersebut terjadi.

Selain menggunakan dukungan bawaan dari sistem operasi yang digunakan, kita pun dapat membersihkan berkas sampah di handphone vivo menggunakan layanan dari pihak ketiga seperti Files by Google.

Baca Juga  Karakter Genshin Impact Bintang 4 Rasa Bintang 5

Menggunakan Files by Google (Aplikasi Pihak Ketiga)

  1. Download aplikasi File by Google
  2. Buka aplikasi setelah terpasang
  3. Klik tombol Continue
  4. Ketuk Allow jika muncul permintaan izin akses ke penyimpanan
  5. Masuk ke menu Clean
    Cara Membersihkan Sampah di HP vivo - 1
  6. Cari bagian Junk Files
  7. Ketuk tombol Clean
    Cara Membersihkan Sampah di HP vivo - 2
  8. Konfirmasi dengan menekan tombol Clear
    Cara Membersihkan Sampah di HP vivo - 3

File by Google merupakan salah satu aplikasi yang dapat dipakai untuk mengelola data dalam handphone Android dengan cukup mudah. Di dalamnya terdapat berbagai macam fitur unggulan, termasuk Clean Junk Files untuk membersihkan berkas sampah.

Di samping kedua cara di atas, kita juga dapat membersihkan berkas sampah di handphone vivo secara manual dengan beberapa langkah seperti menghapus cache aplikasi maupun berkas yang tidak diperlukan.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link