Pembinaan Perusahaan Rintisan Harus Konsisten untuk Akselerasi Transformasi Digital

CRCOID – Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan pembinaan perusahaan rintisan (startup) digital yang konsisten dijalankan pemerintah penting untuk mengakselerasi transformasi digital nasional.

“Untuk mendukung perkembangan ekosistem digital nasional terutama dalam pengembangan talenta digital dan startup, Kementerian Kominfo konsisten menginisiasi program pembinaan startup yang berkesinambungan dan komprehensif dari hulu ke hilir,” kata Semuel dalam pembukaan Alumni Talks HUB.ID secara hibrida di Jakarta, Kamis (7/4/2022).

Lebih lanjut, Semuel mengatakan pembinaan dari hulu mencakup penjaringan talenta digital dan membekali mereka dengan pembinaan (mentoring) hingga nantinya siap masuk ke dalam ekosistem digital Indonesia.

Sementara pembinaan dari hilir diinisiasi melalui program seperti HUB.ID untuk memfasilitasi perusahaan rintisan digital untuk melakukan perluasan jaringan relasi (networking) bisnis dengan berbagai pihak seperti pemangku kepentingan, regulator (kementerian/lembaga) terkait, hingga investor untuk membantu mengembangkan ekosistem digital.

Baca Juga:
Sebanyak 15 Perusahaan Rintisan Lolos Program Startup Studio Indonesia Batch 4

“Pemerintah juga berperan untuk menjadi stimulus, mendorong sinergi, kolaborasi, kerja sama bisnis antar-kementerian, startup digital dan berbagai pemangku kepentingan, untuk mendorong tercapainya akselerasi transformasi digital dan kesinambungan ekosistem startup digital Indonesia,” papar Semuel.

“Kita tidak bisa bekerja sendiri. Perlu adanya kerja sama, kontribusi aktif seluruh komponen bangsa. Bersama kita bisa wujudkan Indonesia berdaya, inovatif, produktif, menuju Indonesia Maju dan semakin terkoneksi,” imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Koordinator Business Matchmaking Kementerian Kominfo Luat Sihombing mengatakan HUB.ID diharapkan dapat semakin membantu pelaku startup lokal Indonesia meningkatkan akses pendanaan serta kerja sama bisnis.

Melalui Program HUB.ID, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo memfasilitasi Business Matchmaking dengan memanfaatkan jaringan luas BUMN, korporasi, dan sektor pemerintah.

Baca Juga  Mulai Dijual Bebas, HUAWEI MateBook D14 dan D15 Tawarkan Bonus Hingga 1,5 Jutaan Rupiah

“HUB.ID adalah wadah bagi startup digital Indonesia yang berusaha untuk bisa bertumbuh menjadi startup yang lebih baik dan besar dari skala bisnis, memperluas peluang kerja sama bisnis, akses pendanaan, memperluas jejaring market Indonesia,” kata Luat.

Baca Juga:
Kominfo Bantu Perusahaan Rintisan HiPajak Raih Investasi dari Luar Negeri

Dalam HUB.ID bergabung sejumlah startup binaan yang mendapat dukungan dan kemitraan terkait. Salah satunya adalah Dagangan yang dihadirkan untuk menjangkau daerah-daerah dari bidang logistik. Dagangan saat ini fokus melayani masyarakat di sejumlah kota di Tier 3 dan Tier 4.

“Kami bahu-membahu membangun area desa untuk kolaborasi dengan pemerintah dan penduduk lokal (melalui layanan kami),” kata Founder dan CEO Dagangan Ryan Manafe. [Antara]



Source link