Cara Menghapus Email: Langkah Kecil Selamatkan Bumi

Belum lama ini, tagar Let The Earth Breath, bertengger menduduki jajaran trending topik Twitter, setelah adanya aksi protes para ilmuwan dunia pada 6 April 2022 di Los Angeles, Amerika Serikat.

Tagar Let The Earth Breath sendiri merupakan salah satu upaya untuk mengingatkan kepada seluruh penduduk Bumi, agar bisa berupaya menyelamatkan kondisi Bumi yang semakin kritis. Isu tersebut muncul setelah ilmuwan NASA, bernama Peter Kalmus mengunggah kembali aksi protesnya di media sosial Twitter.

Di akun sosial media Twitternya @ClimateHuman ia mengunggah sebuah video, dan disertai dengan tulisan, “I’m grateful we tried. Man, oh, man did we try,” ucapnya dalam twit yang diunggah pada Selasa, 12 April 2022.

Dalam perdebatan soal ini, disebut-sebut oleh warganet cara yang mudah untuk membantu menyelamatkan Bumi adalah dengan menghapus e-mail. Karena menghapus e-mail disinyalir bisa membantu mengurangi emisi karbon yang dapat menyebabkan pemanasan global.

Baca Juga:
Menghapus E-Mail Bisa Selamatkan Bumi? Ini Penjelasannya

Lalu, bagaimana cara menghapus email yang dimaksud?

Berikut CRCOID rangkum, cara menghapus e-mail sekaligus tanpa harus membutuhkan waktu yang lama meskipun sudah menumpuk hingga ribuan sebagai langkah kecil untuk mengurangi emisi karbon:

  • Masuk ke dalam akun Gmail yang dimiliki, pilih menu “Kotak Masuk”
  • Klik simbol kotak pada bagian kiri atas
  • Pilih Kategori pesan yang ingin dihapus (meliputi pesan yang sudah dibaca, belum dibaca, berbintang, tidak berbintang, ataupun seluruh pesan
  • Setelah mengklik (mencentang) pesan yang hendak dihapus, klik simbol “Hapus”
  • Pindah ke menu “Sampah”
  • Centang simbol kotak pada bagian kiri atas
  • Klik “Hapus Selamanya”.

Melansir dari The Guardian, terdapat sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2019, menyebutkan bahwa warga Inggris mengirim lebih dari 64 juta e-mail tidak penting setiap harinya. 

Baca Juga  RRQ Hoshi Makin Dekat ke Puncak

Pihak yang mendanai studi tersebut, yaitu perusahaan energi bernama OVO menyebut, jika setiap orang dewasa mengurangi satu e-mail dari jumlah yang biasanya dikirim, maka bisa mengurangi sebanyak 16.433 ton emisi karbon tahunan.

Diketahui, jumlah tersebut setara dengan 81.152 penerbangan dari Inggri ke Spanyol, atau sama dengan menghilangkan sebanyak 3.334 mobil diesel yang ada di jalan raya.

Baca Juga:
5 Cara Baikan dengan Pasangan Setelah Bertengkar, Manfaatkan Momen!



Source link