Mengenal Data Science, Peluang serta Rekomendasi Kuliah Data Science Terbaik Di Indonesia

Mau Kuliah kuliah data science ? Pastikan hanya di UBM
Mau Kuliah kuliah data science ? Pastikan hanya di UBM

Sebentar lagi pengumuman kelulusan sekolah Baik SMA, SMK maupun kesetaraan, Setelah lulus pastinya kalian ingin melanjutkan kuliah pastinya. Bagi kalian yang masih bingung mau ambil juruan apa kalian bisa ambil jurusan data science, karena peluang kerja di dunia data science sangat menjanjikan.

Data science sendiri saat ini tengah populer serta diterapkan di berbagai bidang industri. Karena banyak bidang Industri mulai menerapkan data science tentunya kebutuhan karyawan yang mengerti serta lulusan kuliah data science makin banyak dibutuhkan.

Sebagian dari kalian mungkin sering atau sudah pernah mendengar yang namanya data science tapi masih banyak juga yang belum mengetahuinya, untuk itu pada artikel ini kami akan membahas mengenai data science, peluangnya serta pilihan kampus untuk kuliah data science terbaik.

Apa Itu Data Science ?

kuliah data science
Apa Itu data Science

Data science merupakan penggabungan ilmu pemrograman, statistik dan matematika dengan tujuan mengumpulkan, menafsirkan serta melakukan analisis data yang terstruktur maupun tidak terstruktur.

Seorang data science sendiri biasanya bekerja secara team untuk mengumpulkan berbagai macam data serta informasi kemudian data tersebut diolah untuk memprediksi prilaku pelanggan serta mengidentifikasi peluang bisnis baru.

Dalam prakteknya data science juga melakukan eksperimen terhadap data yang telah dikumpulkan dengan tujuan membuktikan serta memberikan solusi yang tepat untuk perkembangan sebuah usaha maupun bisnis.

Mengapa Data Science Dibutuhkan ?

Untuk diketahui, Baik bisnis kecil, menengah hingga besar sangat bergantung kepada data yang digunakan sebagai pedoman serta mengetahui strategi yang efektif serta efisien dalam mendapatkan keuntungan.

Baca Juga  Data Science Tools

Jika suatu bisnis tidak mampu mengolah data tentunya bisnis tersebut akan susah sekali berkembang serta tidak mampu mengikuti pola pembeli saat ini dan masa mendatang. karena alasan itulah sebuah bisnis sangat membutuhkan seorang data science.

Apa Saja Tugas Seorang Data Science Analyst ?

  1. Mengidentifikasi sumber pengumpulan data untuk kebutuhan bisnis.
  2. Memproses, membersihkan, dan mengintegrasikan data.
  3. Pengumpulan data otomatis dan proses manajemen.
  4. Menganalisis data dalam jumlah besar untuk memperkirakan tren dan memberikan laporan dengan rekomendasi.
  5. Berkolaborasi dengan tim bisnis, teknik, dan produk.
  6. Mengembangkan, mengimplementasikan, dan memelihara database.
  7. Menghasilkan informasi dan wawasan dari kumpulan data dan mengidentifikasi tren dan pola.
  8. Menyiapkan laporan untuk tim eksekutif dan proyek.

Apakah Data Science dan Data Analyst Sama ?

Sebagian dari kalian mungkin ada yang bertanya apakah seorang data science dan data analyst sama. Jawabannya berbeda, Seoranga data science dan data analyst memiliki peran dan tujuan yang berbeda, adapun perbedaannya sebagai berikut :

Peran Dan Tanggung Jawab

Seorang data analis bertanggung jawab dalam menggambarkan kesimpulan dari berbagai sumber untuk mencari solusi dan keputusan terbaik dalam bisnis. Simpulan tersebut akan mereka sajikan dalam laporan yang mudah dipahami seperti dalam bentuk grafik dan deskripsi. Selain itu, mereka juga berperan untuk merancang dashboard dengan menggunakan Software Business Intelligence. 

Sedangkan seorang scientist pada bidang ini bertanggung jawab membuat prediksi yang akan datang dan menghadapi masalah yang lebih kompleks. Mereka dapat menangani informasi mentah yang terstruktur maupun yang tidak terstruktur. Seorang scientist juga berperan dalam menganalisis keakuratan sebuah informasi. Oleh karena itu, mereka dapat kita sebut sebagai versi advance dari seorang analyst.

2. Perbedaan Skill

Seorang data analis wajib memiliki kemampuan dalam menggambarkan informasi dan keterampilan komunikasi yang baik, untuk menyampaikan laporan. Pengetahuan di bidang statistik serta matematika juga diperlukan analis dalam menjalankan pekerjaannya. 

Baca Juga  Cara Registrasi dan Verifikasi Akun Sekolah LTMPT 2022

Selain itu, seorang data analyts lebih sering menggunakan tools seperti Phyton, Excel, dan Business Intelligence Software.

Meskipun seorang data science juga akan menggunakan Phyton. Namun, data science lebih banyak menggunakan Spark, MySQL, TensorFlow, dan Hadoop dalam bekerja.

Seorang science pada bidang ini memerlukan kemampuan algoritma machine learning. Terdapat sebuah fakta, bahwa pekerjaanya dapat memberikan dampak besar pada mesin pencarian dengan menggunakan algoritma. Penggunaan algoritma sendiri membutuhkan sumber yang memadai agar beroperasi secara akurat, karenanya pekerjaan ini memerlukan ketelitian. Profesi ini juga mengharuskan kita untuk expert di bidang matematika, statistik, dan programming

Peluang dan Karir Seorang Data Science

Pastinya kalian juga akan bertanya tentang peluang dan karir jika menjadi seorang data science kan. Perlu kalian ketahui World Economic Forum (WEF) telah merilis daftar pekerjaan yang paling dibutuhkan pada tahun 2025 mendatang.

Seiring perkembangan teknologi yang begitu cepat, WEF memperkirakan ada 85 juta pekerjaan yang selama ini ditangani tenaga manusia yang akan digantikan oleh mesin. Menurut prediksi WEF, di tahun 2025 nanti diperkirakan manusia dan mesin akan bekerja secara berdampingan untuk menyelesaikan 85 juta peluang kerja yang ada.

Berapa Sih Gaji Seorang Data Science ?

Berdasarkan laporan “Tren dan Gaji Pekerja Digital Indonesia 2021” yang disusun perusahaan marketplace lowongan pekerjaan, Glints, gaji data scientist di Indonesia berkisar antara Rp 10.000.000 hingga Rp 20.000.000

Disamping itu berdasarkan indeed.com, rata-rata gaji seorang data scientist bisa mencapai Rp7.000.000 hingga Rp8.000.000 per bulan. Sedangkan untuk tingkatan dengan pengalaman yang lebih tinggi seperti senior atau manajer, bisa memiliki gaji yang lebih dari itu. 

Rekomendasi Universitas Data Science Terbaik Di Indonesia

Untuk menjadi seorang data science terbaik tentunya kalian juga harus menempuh pendidikan pada universitas yang memiliki jurusan data science, tak hanya itu dalam memilih universitas juga kalian tidak bisa sembarangan loh karena tidak semua universitas memiliki mata kuliah data science lengkap.

Baca Juga  Cara Daftar KIP Kuliah 2022

Bagi kalian yang masih bingung mau kuliah dimana, kami merekomendasikan kalian menempuh kuliah data science di Universitas Budi Mulia (UBM) karena Universitas Budi Mulia memiliki mata kuliah data science yang lengkap.

Nantinya mahasiswa yang mengambil jurusan data science UBM akan mempelajari tentang bahasa pemograman yang digunakan untuk penggalian data atau biasa disebut Data Mining yaitu pengolahan dan interpretasi data yang memerlukan ilmu Statistika dan Matematika. Ada beberapa bidang ilmu yang memudahkan kamu dalam mempelajari Data Science, diantaranya pengetahuan dalam bidang komputer dan elektronik, Ekonomi, Matematika (khususnya statistik), Manajemen dan Pelatihan.

Kenapa Sih Harus Kuliah Data Science Di UBM ?

Universitas Budi Mulia Bekerjasama dengan Data Science International Certification dan Institusi Dalam Negeri (BNSP) dalam pemberian sertifikasi Internasional di Bidang Data Science, UBM membuka peluang bagi lulusan Data Science UBM untuk menjadi Data Scientist di kancah internasional melalui sertifikasi yang di akui secara internasional.

Selain itu nantinya kuliah Data Science di UBM juga akan difasilitasi dengan kerjasama UBM dengan Amazon Web Services (AWS) atau Google Cloud Platform (GCP) sebagai penyedia Big Data. Karena nantinya sebagai seorang Data Scientist kalian akan memerlukan banyak sekali data yang akan kamu olah untuk keperluan perusahaan maka dari itu diperlukan kerjasama dengan industri penyedia data tersebut.

Selain itu Program Studi Data Science UBM menyediakan tiga peminatan yang dapat diambil oleh mahasiswa yaitu Data Science Application Engineer, Visual Data Analyst in E-Commerce and Retail Industri, Big Data Designer agar mereka lebih menguasai dan focus pembelajaran yang spesifik.

Jadi pastikan kalian kuliah data science hanya di UBM ya.