Mulai Banyak Diandalkan, Dimensity 8100 Setara dengan Apa?

Dimensity 8100 Setara Dengan Apa - Header

CRCOID. – Membawa spesifikasi teknis yang lumayan tinggi, MediaTek Dimensity 8100 tentu bisa menjadi salah satu opsi menarik di antara berbagai macam chipset yang setara dengannya.

Dimensity 8100 merupakan chipset yang baru meluncur beberapa waktu lalu bersama saudaranya, Dimensity 8000. Maka dari itu masih sedikit handphone yang mengandalkannya sebagai dapur pacu yang mana di antaranya termasuk realme GT Neo3.

Di atas kertas, chipset buatan MediaTek ini memang menawarkan dukungan yang cukup mumpuni untuk mengakomodasi kebutuhan perangkat menengah ke atas. Terdapat CPU bertenaga hingga teknologi-teknologi mutakhir di dalamnya.

Spesifikasi Singkat MediaTek Dimensity 8100

Dibangun dengan proses produksi TSMC N5 (5nm), Dimensity 8100 mengandalkan CPU berisi delapan buah inti yang dikembangkan berdasarkan 4x ARM Cortex-A78 dan 4x Cortex-A55 dengan frekuensi hingga 2,85GHz.

CPU tersebut dikombinasikan dengan ARM Mali-G610 MC6. GPU ini diklaim mampu menembus angka 170fps di uji coba benchmark memakai GFXBench Manhattan (offscreen) yang mana masih satu kategori dengan Adreno 660 pada Qualcomm Snapdragon 888 maupun Snapdragon 888+.

Untuk memberikan kinerja yang lebih baik, MediaTek pun menawarkan opsi RAM dengan tipe LPDDR5 serta media penyimpanan UFS 3.1. Terdapat juga teknologi HyperEngine 5.0 yang dikembangkan untuk meningkatkan pengalaman saat bermain game.

Ditambah lagi, Dimensity 8100 juga mempunyai MediaTek APU 580. Unit pemroses ini akan membantu CPU menangani sistem kecerdasan buatan seperti untuk fotografi maupun videografi dengan kinerja yang lebih cepat.

Perusahaan yang memasang Dimensity 8100 sebagai dapur pacu juga dapat mengambil berbagai keuntungan dari ISP Imagiq 780. Termasuk di antaranya seperti dukungan kamera hingga 200MP, Noise Reduction dan HDR berbasis AI, hingga perekaman 4K @60fps HDR10+.

Baca Juga  Nostalgia, 5 HP Nokia yang Pernah Jadi HP Sejuta Umat

Chipset tersebut juga dilengkapi dengan MiraVision 780. Dengan begitu, perusahaan handphone pun dapat memasang panel layar dengan resolusi WQHD+ hingga 120Hz atau Full HD+ hingga 168Hz untuk perangkat-perangkat buatannya.

Selain teknologi jaringan generasi kelima (5G) yang mampu dikebut untuk mengunduh hingga 4,7Gbps, chipset tersebut juga membawa dukungan konektivitas yang mutakhir seperti Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3.

Dengan paket lengkap di atas, Dimensity 8100 pun dapat menjadi alternatif baru untuk memperoleh perangkat dengan kinerja mumpuni di kasta menengah ke atas. Kita bahkan dapat menyetarakannya dengan beberapa chipset premium.

MediaTek Dimensity 8100 Setara dengan Chipset Apa?

Sayangnya karena belum beredar secara resmi dalam mempersenjatai handphone-handphone di Indonesia, kami pun baru bisa meraba-raba kemampuan Dimensity 8100 dan masih menunggu kesempatan untuk melakukan uji coba pemakaian.

Namun sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh AnTuTu berdasarkan data-data dari aplikasi versi 8 milik mereka, kemampuan CPU dan GPU Dimensity 8100 terlihat sangat mumpuni karena mampu bersaing dengan Snapdragon 888 dan Snapdragon 888+.

Senada dengan klaim mengenai kemampuan GPU Mali-G610 MC6 yang saya ungkapkan sebelumnya, Dimensity 8100 berada dalam satu urutan jika dibandingkan dengan kedua chipset premium milik Qualcomm itu.

AnTuTu secara khusus di halaman Smartphone SoC Performance Leader menampilkan bahwa kinerja Dimensity 8100 berada urutan ke-50 yang mana satu tingkat di atas Snapdragon 888 dan satu tingkat di bawah Snapdragon 888+.

Mempertimbangkan kemampuan ini, saya rasa Dimensity 8100 bakal menjadi chipset favorit bagi sejumlah perusahaan dalam menghadirkan handphone flagship dengan banderol harga yang lebih terjangkau.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link

Baca Juga  Jangan Terlewat, Pastikan Klaim Kode Redeem CODM30 April 2022