Google Hadirkan Fitur Hapus Informasi Pengenal Pribadi di Google Search

Fitur-Hapus-Informasi-Kontak-Pribadi-Google

CRCOID. – Selain menghadirkan fitur Informasi Keamanan Data Aplikasi melalui Google Play, Google meluncurkan fitur baru lainnya berupa fitur untuk menghapus informasi pengenal pribadi di Google Search.

Fitur hapus informasi pengenal pribadi ini memungkinkan pengguna bisa mempunyai kendali penuh atas informasi sensitif atau identitas pribadi milik mereka yang beredar di internet.

Michelle Chang selaku Global Policy Lead for Search mengungkapkan bahwa fitur ini akan berguna untuk pengguna yang menginginkan informasi pribadi yang sensitif dihapus di Google Search seperti terkait kasus tertentu yang mengaitkan data pribadi seputar nomor rekening bank atau kartu kredit yang bisa disalahgunakan oleh pelaku tidak bertanggung jawab.

“Selain informasi rekening bank atau kartu kredit, pengguna juga bisa meminta penghapusan jenis informasi lainnya seperti informasi kontak pribadi berupa nomor telepon, alamat email, atau alamat fisik,” tulisnya.

Selain itu juga informasi pribadi yang bisa diminta untuk dihapus antara lain adalah nomor identifikasi rahasia yang diterbitkan oleh pemerintah seperti nomor induk kependudukan, nomor pajak,  gambar tanda tangan yang ditulis tangan, gambar dokumen identitas, rekam medis, hingga data login.

Cara Search Google Menggunakan Foto - Header

Untuk bisa mengajukan permintaan penghapusan pengguna bisa menuju situs dukungan Google. Michelle melanjutkan bahwa permintaan penghapusan informasi pribadi akan menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti penipuan uang, pencurian data, pembobolan rekening, dan tindakan kriminal di internet lainnya hingga berujung pada kekerasan fisik.

Ke depannya Google akan mengevaluasi semua konten di halaman situs untuk memastikan pihaknya tidak membatasi ketersediaan informasi lain yang dimiliki pengguna di mana berguna secara luas untuk masyarakat misalnya artikel berita.

Google juga akan turut mengevaluasi apakah konten tersebut muncul sebagai bagian dari catatan publik di situs pemerintah atau sumber resmi lainnya yang mana tidak dapat dihapus melalui fitur ini.

Baca Juga  Akuisisi Twitter, Elon Musk Kini Menghadapi Tuntutan dari Pengelola Dana Pensiun

Fitur hapus informasi pengenal pribadi ini merupakan cara baru yang dihadirkan Google untuk memastikan kebijakan dan perlindungan masyarakat yang terus berkembang dan mudah digunakan.

Selain pembaruan ini, belakangan Google juga telah merilis kebijakan baru yang memungkinkan pengguna di bawah usia 18 tahun melalui orang tua atau wali mereka bisa meminta penghapusan gambar mereka sendiri dari Google Search.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link