Ilmuwan Temukan Fosil Ichthyosaurus Terbesar di Dunia

CRCOID – Para ilmuwan menemukan fosil berupa gigi yang patah dari salah satu karnivora terbesar yang pernah hidup di Bumi.

Fosil tersebut bukan milik T-rex. Sebaliknya, gigi tersebut milik spesies ichthyosaurus raksasa yang langka dan misterius, reptil laut pemakan daging yang hidup sekitar 205 juta tahun lalu selama periode Trias akhir.

Meskipun mahkota gigi sebagian hilang, taring fosil dua kali lebih besar dari gigi ichthyosaurus lainnya yang diketahui.

Pemegang rekor sebelumnya untuk gigi terbesar adalah ichthyosaurus berukuran hampir 15 meter, membuat pemilik fosil gigi yang baru dideskripsikan menjadi salah satu hewan terbesar yang pernah hidup di darat atau laut.

Baca Juga:
Ilmuwan Temukan Ubur-ubur Mahkota Terbesar, Terlihat di Kedalaman Hingga 3.000 Meter

Namun, karena para ilmuwan hanya memiliki setengah gigi untuk mendasari penelitian, tim ahli tidak dapat mengonfirmasi apakah reptil laut purba itu benar-benar leviathan atau hanya salah satu dari banyak monster laut berukuran sama yang menguasai periode Trias.

“Sulit untuk mengatakan apakah gigi itu berasal dari ichthyosaurus besar dengan gigi raksasa atau dari ichthyosaurus raksasa dengan gigi berukuran rata-rata,” kata P. Martin Sander, penulis utama dari University of Bonn, dikutip dari Live Science, Jumat (29/4/2022).

Lokasi penemuan fosil Ichthyosaurus terbesar.[Journal of Vertebrate Paleontology]
Lokasi penemuan fosil Ichthyosaurus terbesar.[Journal of Vertebrate Paleontology]

Ichthyosaurus yang namanya diterjemahkan sebagai “kadal ikan” hidup sekitar 252 juta hingga 201 juta tahun yang lalu. Reptil air ini mengalami evolusi yang baik.

Dalam waktu sekitar lima tahun dari penampilan pertamanya, ichthyosaurus membengkak menjadi ukuran yang sangat besar dan mendominasi semua lautan di dunia.

Ichthyosaurus terbesar yang diketahui adalah Shastasaurus sikanniensis, makhluk mirip paus yang panjangnya mencapai 21 meter. Sebagai perbandingan, T-rex berukuran rata-rata 12 meter.

Baca Juga  Fitur Unggulan di Advance Server OB33 Free Fire dan Cara Unduhnya

Baca Juga:
Ilmuwan Desak Misi Pencarian Kehidupan Alien di Uranus dan Bulan Saturnus

Banyak ichthyosaurus besar tampaknya telah menjadi predator teratas tanpa pernah mengembangkan gigi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



Source link