Konsumsi Data Diperkirakan Naik saat Mudik, Kominfo Minta Pemudik Bijak Gunakan Internet

CRCOID – Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate meminta para pemudik untuk bijaksana menggunakan internet dalam perjalanan, apa lagi diperkirakan bahwa konsumsi data akan meningkat drastis.

Imbauan ini disampaikan Plate saat melepas rombongan Mudik Bareng Kominfo 2022 di Jakarta pada Kamis (28/4/2022).

“Marilah kita gunakan ini (internet) dengan baik, dengan hal-hal bermanfaat, yg berkaitan dengan kegembiraan,” ajak Plate.

Plate lebih lanjut meminta agar para pemudik memanfaatkan internet untuk tidak menyebarkan hoaks dan berita bohong.

Baca Juga:
Menkominfo Prediksi Ada 100 Juta Orang Mudik Tahun Ini

“Apalagi kalau menyebarkan berita-berita bohong, berita hoaks, lebih tidak bermanfaat lagi,” tegas Plate.

Plate mengatakan bahwa Kominfo akan mengusahakan tidak adanya gangguan dengan bandwidth management selama mudik, meski ia mengakui bahwa kemungkinan besar akan ada kendala mengingat banyaknya pemudik jelang Lebaran 2022 ini.

“Tapi sekali lagi, di mana pada saat terjadi pemanfaatan dan penggunaan secara tiba-tiba, masif, pasti akan mengganggu trafik. Untuk mengatasinya cuma satu caranya, kita gunakan untuk hal-hal bermanfaat. Jangan diisi untuk hal-hal yang tidak bermanfaat,” imbuh Plate.

Ia mengatakan Kominfo dan para operator komunikasi serta jaringan akan terus memantau layanan komunikasi di jalur mudik.

“Besok saya bersama operator komunikasi dan operator jaringan akan melakukan tinjauan lapangan terkait dengan layanan telekomunikasi. Baik untuk mudik maupun pada saat Lebaran nanti. Karena pasti data traffic-nya akan sangat tinggi,” kata Plate.

Baca Juga:
Menteri Plate Lepas Rombongan Mudik Bareng Kominfo 2022

Ia mengatakan, koordinasi dengan penyelenggara telekomunikasi untuk mempersiapkan agar tersedia bandwidth yang cukup. Sehingga nanti tidak ada kekurangan dan layanan tetap berjalan dengan baik.

Baca Juga  UniPin dan Pro Player MPL Indonesia Gelar Laga Amal, Perjuangkan Kesetaraan Gender di Esports

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



Source link