Peralihan dari Siaran TV Analog ke Digital di Palu Ditunda

CRCOID – Dinas Komunikasi dan Informatika Sulawesi Tengah menyatakan pengalihan siaran televisi (tv) dari analog ke digital atau penerapan analog switch off atau ASO di Kota Palu dan Kabupaten Sigi ditunda.

Tadinya Palu dan Sigi termasuk dalam dua wilayah siaran yang masuk dalam ASO Tahap I. Tetapi Kominfo pada Jumat (29/4/2022) mengumumkan bahwa penghentian siaran tv analog dimulai di 8 daerah siaran yang berlokasi di Provinsi Riau, NTT dan Papua Barat.

“Ya belum, Kota Palu dan Sigi masih ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan,” kata Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Sulteng, Hasyim kepada Antara Sabtu (30/4/2022).

Menurutnya, meskipun ditunda, Diskominfo Sulteng tetap melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait program tersebut. Hal itu dilakukan agar masyarakat bisa memahami Program ASO.

Baca Juga:
Ini Alasan Penghentian Siaran TV Analog Tahap I Diawali di 8 dari Target 166 Kabupaten/Kota

“Tetap kita sosialisasikan, cuma mungkin materi sosialisasi yang kita ubah, seperti sosialisasi cara-cara memasang set top box atau STB, kita masuk ke tekhnisnya,” jelas Hasyim.

Sementara itu, untuk jadwal yang berubah tersebut, Diskominfo Sulteng tetap menunggu arahan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), kapan jadwal siaran digital di wilayahnya dapat dimulai.

“Jadwal pasti berubah, tapi kita tetap menunggu arahan Kementerian,” paparnya.

Ia juga memastikan bahwa penyaluran bantuan set top box (STB) gratis kepada masyarakat yang berhak mendapatkannya tetap berjalan. Sebanyak 23.296 warga Kota Palu dan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah terdata sebagai penerima STB gratis dari Kementerian Kominfo.

Sebelumnya Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong mengatakan bahwa ASO Tahap I yang digelar di hanya delapan kabupaten/kota disebabkan oleh belum terdistribusinya set top box gratis kepada masyrakat. [Antara]

Baca Juga  Cara Cek Garansi Perangkat Xiaomi Lewat IMEI Agar Tahu Resmi Atau Tidak

Baca Juga:
3 Alasan Pemerintah Setop TV Analog dan Beralih ke TV Digital, Karena Hal Ini

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS





Source link