Ini Fitur-Fitur Privasi di Aplikasi Telegram Agar Chatting Lebih Aman

Telegram Logo Fix

CRCOID. – Aplikasi perpesanan Telegram membagikan informasi menarik terkait bagaimana cara melindungi data kita selama menggunakan aplikasi Telegram melalui fitur-fitur yang disediakan.

Agar kita tetap aman dan nyaman berkirim pesan, Telegram memastikan data-data privasi kita terjaga dan tidak tersebar yang bisa mengakibatkan akan disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Fitur-fitur untuk menjaga data privasi kita tetap aman menggunakan aplikasi Telegram hadir dari awal ketika awal pembuatan akun Telegram atau sign up hingga keluar dari aplikasi atau log out. Pada saat membuat akun Telegram, kita harus memasukkan nomor telepon pada saat sign up untuk memastikan keaslian data melalui verifikasi.

Setelah mendaftar, maka kita akan diberi akses oleh Telegram untuk bisa memberikan atau membatasi akses yang diminta Telegram atas kontak dan log panggilan kita. Kemudian pada saat kita log in, Telegram juga akan memberikan permintaan untuk kita bisa mengaktifkan verifikasi dua langkah untuk aplikasi agar mencegah pembajakan akun.

Selain itu, ketika melakukan chat di Telegram, kita bisa memanfaatkan fitur Secret Chat yang berguna untuk memastikan data-data yang ada di dalam riwayat chat dengan teman maupun keluarga tidak bisa diambil oleh pihak ketiga bahkan Telegram sendiri.

Hal ini dengan mengaktifkan fitur Secret Chat untuk enkripsi end to end tambahan. Tak lupa pada setiap halaman chat, kita diberikan keleluasaan untuk mengunci chat yang menurut kita bersifat privat. Caranya dengan memilih ikon kunci di atas layar agar pesan bisa terkunci secara otomatis.

Infografis Keamanan Telegram

Kita juga bisa mengatur lokasi dengan mematikan fitur tersebut pada aplikasi Telegram agar tidak bisa dilihat atau dibajak oknum yang mencoba ingin mendapatkan informasi pribadi seperti alamat rumah dan lain sebagainya.

Baca Juga  Realme Buds Air 3 Meluncur di Indonesia, Diklaim Sebagai Flagship Killer

Untuk mematikan berbagi lokasi ini kita bisa menggunakan fitur People Nearby untuk dinonaktifkan secara default di aplikasi Telegram. Tak hanya keamanan individu saja, Telegram juga menyediakan fitur privasi untuk chat grup dengan cara membatasi undangan untuk bergabung dengan grup dan juga membatasi pesan agar tidak dibagikan di luar grup.

Terakhir adalah fitur yang memungkinkan kita menghapus pesan sebelum keluar atau log out dari aplikasi Telegram. Kapan pun kita bisa menghapus riwayat obrolan dengan menggunakan metode auto delete agar jejak percakapan bisa terhapus secara otomatis setelah sekian lama.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link