Kanada Akan Masukkan Tindak Kejahatan di Bulan ke Dalam KUHP

CRCOID – Kanada sedang menyusun undang-undang yang memungkinkan siapa pun pelaku tindak kejahatan di Bulan mendapatkan hukuman.

Amandemen KUHP Kanada dirujuk dalam Divisi 18 Bill C-19, dengan judul “Undang-Undang Implementasi Perjanjian Gerbang Bulan Sipil”.

Ini mengusulkan untuk memasukkan orang Kanada yang berada di luar angkasa dan melakukan tindakan atau kelalaian yang dianggap sebagai pelanggaran yang dapat didakwa di Kanada.

Bendera Kanada. (Shutterstock)
Bendera Kanada. (Shutterstock)

Nantinya, permukaan Bulan, stasiun ruang angkasa Gateway, dan transportasi ke atau dari Gateway akan berada di bawah undang-undang tersebut, membuat warga Kanada di lokasi-lokasi ini tunduk pada tindakan hukum atas dugaan kejahatan.

Baca Juga:
Motor Roket Tua Rusia Pecah di Orbit Bumi, Hasilkan Gumpalan Sampah Antariksa Baru

Kanada tampaknya bersiap untuk memperluas akses dan tanggung jawab luar angkasa, setelah menjadi negara pertama yang menandatangani Kesepakatan Artemis dengan Amerika Serikat pada 2019.

Dalam perjanjian tersebut, Kanada harus memasok lengan robot Canadarm3 untuk Gateway dengan imbalan akses ruang angkasa.

Akses tersebut termasuk kuota kursi astronaut dalam misi Artemis II yang akan mengorbit di Bulan dan diperkirakan akan diluncurkan pada 2024.

Seorang profesor Universitas McGill di Montreal mengatakan bahwa lebih banyak amandemen akan diperlukan untuk lingkungan luar angkasa baru.

“Sifat dan ruang lingkup kejahatan mungkin kompleks dan aktivitas kriminal mungkin melibatkan individu dari berbagai negara dan memiliki banyak kebangsaan,” kata McGill Ram Jakhu, profesor hukum di Lawyer Monthly, seperti dikutip dari Space.com pada Kamis (5/5/2022).

Baca Juga:
5 Fenomena Langit Menarik Sepanjang Mei 2022

Hingga saat ini, lebih dari selusin warga Kanada pergi ke luar angkasa. Pengesahan undang-undang luar angkasa baru tersebut kemungkinan akan memakan waktu berbulan-bulan dan melalui proses berlapis.

Baca Juga  HP Baru Realme Muncul di 3C, Bawa Pengisian Daya 65 W

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS





Source link