Momen Ramadhan dan Idul Fitri 1433H, Trafik Layanan Data Telkomsel Naik hingga 21 Persen

CRCOID – Telkomsel mencatatkan adanya lonjakan trafik layanan data pada periode Lebaran tahun ini sebesar 21 persen dibandingkan periode RAFI tahun lalu, atau 9 persen dibanding hari biasa, di mana lonjakan trafik layanan data hingga 45,1 Petabyte (PB).

Di sisi lain, untuk layanan SMS dan panggilan suara (voice) di momen Ramadhan dan Idul Fitri 2022 masing-masing mengalami penurunan sebesar 31 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono menjelaskan, lonjakan trafik komunikasi layanan data dan digital selama periode RAFI 2022.

Didorong dengan tumbuhnya aktivitas digital pelanggan, meliputi akses layanan communication (instant messaging dan video conference) yang naik mencapai 21 persen, mobile gaming melonjak hingga 17 persen, streaming video sekira 16 persen, dan akses media sosial yang meningkat mencapai 3 persen, dibandingkan hari biasa.

Baca Juga:
Kolaborasi Telkomsel dan Ancol, Kembangkan Smart & Green Theme Park

Sedangkan untuk akses layanan e-commerce mengalami penurunan sekira 38 persen, diikuti aktivitas browsing yang juga berkurang 7 persen.

Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform favorit seperti WhatsApp (tumbuh 35 persen), TikTok (meningkat 16 persen), Instagram (naik 15 persen), YouTube (melonjak 13 persen) dan Facebook (naik 1 persen).

Catatan trafik Telkomsel selama Nataru 2021. [Telkomsel]
Catatan trafik Telkomsel. [Telkomsel]

Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama RAFI 2022 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa.

Seperti di wilayah operasional Kabupaten Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat) naik sekira 43 persen, Kabupaten Garut (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 34 persen.

Untuk wilayah Kabupaten Cilacap (Provinsi Jawa Tengah) sebesar 50 persen, wilayah Kabupaten Cirebon (Jawa Barat) naik sekira 28 persen, dan wilayah Kabupaten Ciamis (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 42 persen.

Baca Juga  Sony Disebut Mau Tampilkan Iklan di Game PS5

Baca Juga:
Ancol dan Telkom Berkolaborasi Kembangkan Taman Hiburan Cerdas

Seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kemudahan masyarakat untuk mudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 2022, Telkomsel juga menemukenali adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS





Source link