Aplikasi Spotify Stations Akan Ditutup 16 Mei, Kenapa?

CRCOID – Spotify mengumumkan kalau aplikasi Stations buatannya akan dihentikan mulai 16 Mei nanti. Ini adalah aplikasi uji coba yang dibuat Spotify sejak 2018 lalu.

Stations adalah versi sederhana dari aplikasi Spotify yang memungkinkan pengguna untuk membuat station (playlist) untuk musik yang mereka sukai. Aplikasi ini debut perdana untuk perangkat Android, lalu muncul di iOS pada 2019 untuk pengguna di Amerika Serikat.

“Stations ditutup pada 16 Mei. Stations yang kalian buat akan hilang, tapi kalian masih bisa menikmati Spotify dengan login pakai akun Stations. Temukan playlist yang dibuat untuk anda, plus jutaan lagu dan podcast,” kata Spotify, dikutip dari The Verge, Minggu (8/5/2022).

Spotify. [Freepik]
Spotify. [Freepik]

Cara kerja Spotify Stations ini mirip seperti radio, di mana musik otomatis diputar saat pengguna membuka aplikasi. Kemudian pengguna dapat melihat mengubah daftar playlist mereka, tapi tidak bisa memilih trek atau artis tertentu.

Baca Juga:
Lagu ‘With You’ Jimin BTS dan Ha Sung Woon Berhasil Raih Prestasi Ini di Spotify

Juru bicara Spotify mengatakan kalau perusahaan memang rutin melakukan sejumlah eksperimen untuk menciptakan pengalaman lebih baik ke pengguna.

“Beberapa dari tes tersebut kemudian membuka jalan bagi pengalaman pengguna kami yang lebih luas dan yang lainnya hanya pembelajaran penting. Spotify Stations Beta kami adalah salah satu dari tes tersebut. Kami akan menghentikan fitur itu saat ini,” kata juru bicara Spotify, dikutip dari Techcrunch.

Perusahaan mengatakan kalau pengguna bisa beralih ke Spotify Radio untuk menggantikan layanan serupa layaknya Stations. Spotify Radio adalah salah satu fitur di aplikasi utama yang memungkinkan pengguna membuat daftar favorit berdasarkan lagu, album, playlist, hingga artis pilihan.

Baca Juga  Industri Manufaktur Jadi Incaran Utama Penjahat Siber Global

Spotify Stations juga sudah menghilang dari Apple App Store dan Google Play Store. Tapi pengguna yang sudah mengunduhnya masih bisa memakai Stations dan bisa memindahkan playlist buatannya ke aplikasi utama Spotify.

Baca Juga:
Terus Tuai Prestasi, 6 Lagu TXT Lampaui 100 Juta Streaming di Spotify!

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS





Source link