Kelebihan dan Kekurangan realme 9 – Sudah Pakai Layar Super AMOLED 90Hz

Kelebihan dan Kekurangan realme 9 Header

CRCOID. – Di antara saudara lainnya yang hadir di Indonesia, realme 9 mempunyai harga yang terjangkau karena mendukung jaringan hingga 4G-LTE dan belum mendukung jaringan 5G.

Meskipun begitu, spesifikasi hardware dan fitur yang ditawarkan oleh realme 9 terbilang menarik. Hal ini terlihat dengan penggunaan layar penuh yang luas dengan tingkat kecerahan hingga 1.000 nits.

Sementara chipset Qualcomm seri 6 pun turut menjadi dapur pacu nya. Tak ketinggalan, realme 9 hadir dengan tiga pilihan warna yang terdiri dari Stargaze White, Meteor Black, dan Sunburst Gold.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai realme 9 yang sudah dijual di Tanah Air, kamu dapat melihat beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.

Kekurangan dan Kelebihan realme 9

Kelebihan

realme 9 hadir dengan layar 6,4 inci Super AMOLED beresolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) yang mampu menampilkan konten dengan tajam di berbagai kondisi, baik siang hari maupun malam hari.

Berkat refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 360Hz, penggunanya akan dapat dengan nyaman memainkan game. Dukungan Corning Gorilla Glass 5 dipercaya untuk mengurangi terjadinya goresan pada layar.

Fitur Adaptive Refresh Rate yang hadir pada produk ini memungkinkan refresh rate pada layar akan disesuaikan dengan konten yang sedang dilihat seperti 10-20Hz untuk foto, 30Hz untuk video, serta 60Hz maupun 90Hz untuk game.

Sensor fingerprint pun sudah dibenamkan di dalam layar. Sementara itu, handphone ini diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 680 (6nm) Octa-Core 2,4 GHz yang memiliki performa lancar, namun hemat dalam mengonsumsi energi.

realme-9-Diagonal

Hadir dengan dua varian, realme 9 dijual dengan harga Rp3.399.000 untuk RAM 6 GB + penyimpanan GB dan Rp3.599.000 untuk RAM 8 GB + penyimpanan 128 GB. Tersedia juga dukungan DRE (Dynamic RAM Expansion) memungkinkan sistem meminjam ruang kosong penyimpanan internal untuk dijadikan RAM Virtual hingga 5 GB.

Baca Juga  Ponsel Samsung Punya Celah yang Bisa Dibobol Hacker, Waduh!

Baterai 5.000mAh yang hadir pada perangkat ini diklaim realme mampu bertahan seharian dalam pemakaian normal. Adapun fitur 33W Dart Charge mampu mengisi daya dari kondisi 0% ke 100% dalam waktu 1 jam 20 menit atau 80 menit saja.

realme 9 hadir dengan dukungan multi kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 108 MP, ultrawide 8 MP, dan makro 2 MP sementara pada bagian depan memiliki kamera 16 MP.

Tidak hanya mendukung jaringan 4G-LTE dan dua kartu SIM saja, realme 9 juga dilengkapi dengan fitur Face Unlock, slot microSD, port USB Type-C, WiFi, Bluetooth 5.1, port jack audio 3,5mm, dan realme UI 3.0 berbasiskan Android 12.

Kekurangan

Dibanderol dengan harga lebih dari Rp3,3 jutaan, realme 9 sayangnya belum dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication). Padahal fitur ini sudah banyak digunakan oleh handphone kompetitornya di kelas harga yang sama.

Apalagi hadirnya NFC akan memudahkan dalam pengecekan maupun pengisian e-money yang sering digunakan untuk mengakses transportasi umum seperti Commuter Line, Bus TransJakarta, MRT, dan lainnya.

realme-9-HandsonBack

Selain itu, realme 9 masih menggunakan speaker mono yang suaranya akan kurang terasa hidup apabila dibandingkan dengan speaker stereo.

Dukungan kamera makronya pun hanya beresolusi 2 MP sehingga hasil fotonya tidak akan terlalu jelas apabila dicetak dalam media berukuran besar. Namun masih dapat ditolerir apabila hanya untuk dibagikan ke media sosial atau aplikasi chat.

Meskipun masih ada beberapa kekurangan, realme 9 tetap mempunyai performa, daya tahan baterai, dan kemampuan kamera utama yang dapat diunggulkan untuk menunjang rutinitas harian.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link