Google Kini Semakin Permudah Hapus Data Pribadi di Google Search

Fitur-Baru-Google-Penghapus-Informasi-Pribadi

CRCOID. – Setelah membawa fitur baru untuk penggunanya agar bisa menjaga privasi di Google Search, kini dalam ajang Google I/O 2022 Google kembali hadir memberikan kemudahan lainnya bagi seseorang untuk menghapus informasi pengenal pribadinya.

Dalam hal ini, Google memberikan penambahan pilihan akses yang lebih mudah agar pengguna bisa menghapus informasi pribadi miliknya. Sebelumnya diketahui Google hanya menyediakan tautan resminya melalui proses pengajuan lebih dulu, sekarang Google memberikan tiga menu penghapusan yang bisa dipilih dengan mengklik-nya saja.

Adapun informasi data yang bisa dihapus melalui alat baru yang diberikan Google merupakan data-data yang bersifat sensitif seperti nomor handphone, alamat email, dan alamat rumah.

Sementara itu, untuk informasi lainnya seperti nomor rekening, kartu kredit, nomor KTP, dan masih banyak lagi masih bisa diakses dengan cara melakukan permintaan kepada Google melalui situs dukungannya.

Dengan fitur baru ini, pada dasarnya pengguna hanya perlu mengakses Google Search saja atau dengan membuka tiga titik di samping kanan baris hasil pencarian Google Search dan meminta penghapusan yang diinginkan. Setelah itu mereka juga bisa dengan mudah memantau status permintaan penghapusan tersebut.

Fitur baru ini kabarnya akan mulai tersedia dalam beberapa bulan mendatang di aplikasi Google. Selain dari Google Search langsung, pengguna pun masih bisa mengajukan permintaan untuk menghapus informasi data pribadi di halaman dukungan Google.

Namun Google memberikan catatan khusus bahwa setiap pengajuan permintaan penghapusan informasi pribadi akan ditinjau kembali oleh pihaknya. Hal ini berkaitan dengan penulisan artikel berita yang telah diterbitkan di internet yang pasalnya bisa berguna untuk banyak orang yang membacanya.

Dengan demikian, Google menyarankan jika pengguna tidak nyaman terkait informasi data pribadi yang ada di situs berita, ada baiknya mengajukan penghapusan ke situs berita bersangkutan dan Google tidak bertanggung jawab atas informasi pengguna yang sudah ada di situs berita tertentu.

Baca Juga  Cara Mencairkan Koin Snack Video Menjadi Uang Rupiah

Penambahan fitur baru ini merupakan langkah Google untuk membantu pengguna mengelola informasi data pribadinya yang tersebar secara online dan memberikan kesempatan agar mereka memegang kendali.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link