Google Rilis Versi Beta 2 dari Android 13, Ini Fitur-Fitur Barunya

Android-13-Beta-ke-12

CRCOID. – Dalam ajang teknologi tahunannya yang bernama Google I/O di Amerika Serikat, Google telah merilis versi beta kedua dari sistem operasi Android 13.

Sistem operasi baru ini menawarkan beragam pembaruan di banyak aspek mulai dari pengaturan privasi dan keamanan, tampilan personalisasi, layarnya yang bisa diperbesar agar dapat menampung lebih banyak ikon aplikasi, HDR video, Spatial Audio, hingga Bluetooth Low Energy Audio.

Dalam keterangan resminya melalui situs blog Google, Android 13 Beta ke-2 ini akan bisa digunakan di perangkat handphone, tablet, dan handphone lipat. Dilansir dari GSM Arena, perangkat yang saat ini sudah menyediakan pembaruan Android 13 Beta ke-2 adalah Google Pixel.

Selain perangkat dari Google sendiri, perangkat dari produsen lain juga turut kebagian sistem operasi baru ini seperti ASUS Zenfone 8, Lenovo Tab P12 Pro, OnePlus 10 Pro, OPPO X5 Pro, realme GT2 Pro, Sharp Aquos sense6, TECNO Camon 19 Pro 5G, vivo X80 Pro, Xiaomi 12 dan 12 Pro, Xiaomi Pad 5, dan ZTE Axon 40 Ultra.

Lalu apa saja fitur-fitur baru yang hadir dalam pembaruan Android 13 Beta-2 ini? Berikut adalah daftarnya.

Pengaturan Privasi dan Keamanan

Android-13-Beta-ke-13-Security-Privacy-Settings

Pada pengaturan privasi dan keamanan, Google secara khusus memberikan akses baru agar pengguna bisa lebih leluasa mengatur detail file sehingga pengguna bisa memilih file mana yang boleh diakses oleh aplikasi.

Oleh karenanya Google menghadirkan dua pilihan kategori yang meliputi “Foto & video” dan “Musik & audio”. Pengguna juga bisa memilih foto atau video yang diperbolehkan untuk diakses aplikasi tanpa harus membagikan seluruh galeri medianya di aplikasi tertentu.

Android akan memberikan notifikasi atau pemberitahuan apabila ada aplikasi yang ingin mengakses file di dalam perangkat pengguna. Selain foto, video, musik dan audio, pengguna juga bisa tidak mengizinkan berbagi lokasi ke aplikasi.

Baca Juga  Apa Itu Area 51? Tempat Paling Rahasia di Amerika Serikat

Pengalaman Lebih Personal

 Android-13-Beta-ke-12-Varian-Warna

Melihat pada pembaruan Android 12 sebelumnya, Google telah membawa fitur Material You yang memberikan peluang bagi pengguna untuk bisa menyesuaikan warna pada layar handphone-nya.

Kali ini di Android 13 Beta ke-2, Google menghadirkan tema dan varian warna yang bisa disesuaikan lagi. Selain tema ikon, personalisasi warna juga diterapkan pada kontrol media musik pada tampilan album hingga pengaturan aplikasi bahasa.

Untuk Perangkat Tablet 

Android-13-Beta-ke-12-Multi-tasking

Melanjutkan pembaruan Android 12L yang telah mengoptimalkan tata letak untuk perangkat layar yang lebih besar, Android 13 juga turut membawa kemampuan tersebut. Dengan bilah tugas yang telah diperbarui sehingga memungkinkan pengguna bisa menggunakan perangkat secara multitasking.

Nantinya layar bisa terbagi menjadi dua jendala. Sebagai contoh sebelah kiri tampil jendela untuk membuka email dan sebelah kanan untuk membuka Google Photos. Di sana pengguna bisa menyeret file di jendela lain untuk diunggah ke dalam email dengan mudah dan cepat.

Untuk perangkat tablet, pengguna juga bisa meletakkan tangan dengan lebih nyaman di layar tanpa khawatir mengenai tombol atau menu yang ada di layar tanpa disengaja ketika menggunakan pena stylus.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link