Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Root

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi - Header

CRCOID. – Menghapus aplikasi bawaan dari handphone Xiaomi memang bukan hal yang mudah karena sebagian di antaranya kadang kala tidak bisa dilakukan dengan memakai cara biasa.

Walau demikian, menghapus aplikasi bawaan Xiaomi bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Kita hanya perlu menempuh sejumlah langkah yang tepat baik itu menggunakan bantuan perangkat komputer atau langsung dari handphone itu sendiri.

Aplikasi bawaan atau biasa disebut dengan bloatware memang dirancang untuk memberikan dukungan dan utilitas tambahan. Sebagian bahkan menjadi pilar utama dari antarmuka sistem seperti MIUI pada handphone Xiaomi.

Hanya saja sayangnya fitur dan dukungan yang ditawarkan oleh aplikasi-aplikasi tersebut tak jarang hanya menjadi pajangan. Bahkan beberapa di antaranya justru cukup mengganggu karena membuat penyimpanan dan pemakaian RAM menjadi penuh.

Menghapus aplikasi bawaan tentu dapat menjadi opsi yang banyak di cari. Di handphone-handphone buatan Xiaomi, kita secara khusus bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah dalam beberapa metode berikut.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

Melalui Pengaturan

  1. Masuk ke halaman Settings
  2. Buka menu Apps
    Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi - 1
  3. Pilih Manage apps
    Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi - 2
  4. Cari dan pilih aplikasi yang mau dihapus
    Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi - 3
  5. Ketuk tombol Uninstall
    Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi - 4
  6. Konfirmasi dengan mengetuk OK
    Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi - 5

Meskipun hanya sebagian kecil, kabar baiknya ada sejumlah aplikasi bawaan Xiaomi yang bisa dihapus dengan memakai cara biasa seperti di atas. Termasuk beberapa di antaranya Mi Browser, Mi Doc Viewer, maupun Mi Remote.

Cara biasa ini relatif cukup aman digunakan. Kita soalnya bisa melakukannya tanpa perlu mengotak-atik handphone seperti membuka bootloader atau melakukan rooting di mana cukup berbahaya jika dilakukan oleh kita yang masih awam.

Terlebih lagi apabila tidak bisa dihapus memakai cara di atas, ada kemungkinan bahwa aplikasi yang dimaksud memang sangat penting untuk antarmuka sistem MIUI. Xiaomi makanya tidak mengizinkan untuk dilakukan uninstall karena cukup berisiko.

Baca Juga  Jangan Terlewat! Saksikan Pink Moon Minggu Ini

Untuk aplikasi-aplikasi yang tidak bisa dihapus dengan cara biasa, kita pun harus memakai metode lain. Kita salah satu di antaranya dapat memanfaatkan mode debugging jika masih bersikukuh buat tidak melakukan rooting.

Menggunakan Mode Debugging

Bagi kamu yang belum tahu, mode debugging merupakan sarana yang biasa dipakai oleh para pengembang untuk menguji coba dan mencari permasalahan dari baris-baris kode sebuah aplikasi atau layanan.

Mode ini pun bisa dimanfaatkan untuk menghapus aplikasi bawaan di handphone Xiaomi yang mana sekarang dapat dilakukan secara langsung di handphone atau menggunakan perangkat komputer baik itu lewat kabel maupun sambungan nirkabel.

Hanya saja untuk menggunakan mode ini, kita harus memasang ADB Driver di komputer atau aplikasi LADB supaya bisa berkomunikasi dengan handphone. Kita selain itu juga perlu mengaktifkan USB Debugging di pengaturan pengembang.

Mengingat langkah-langkahnya cukup riskan dan bisa membuat handphone menjadi error, saya tidak menyarankan metode ini untuk pengguna yang cukup awam. Lebih baik meminta bantuan kepada orang yang lebih ahli jika benar-benar ingin menghapus aplikasi bawaan Xiaomi.

Alih-alih memakai metode ini, kita pun bisa memanfaatkan opsi uninstall update dan disable di mana bisa dikerjakan seperti cara uninstall aplikasi seperti biasa. Kita di sisi lain juga dapat memakai fitur Hidden apps jika hanya mau menyembunyikannya untuk merapikan tampilan.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link