Penilaian Wild Rift Anjlok di Play Store, Pemain MLBB Beri Rating Bintang Satu

CRCOID – Industri game dihebohkan dengan tuntutan Riot terhadap Moonton ke jalur hukum beberapa hari lalu. League of Legends: Wild Rift kini banjir rating bintang satu di Play Store.

Perlu diketahui, Riot Games menuntut Moonton di pengadilan AS pada 9 Mei dengan tuduhan bahwa developer itu mengambil hak intelektual milik perusahaan.

Moonton telah memperbarui MLBB untuk menyalin elemen ekstensif dari Wild Rift, melanjutkan siklusnya untuk merampas hak kekayaan intelektual Riot Games,” bunyi pernyataan dari Riot Games.

Terdapat setidaknya 101 poin tuduhan yang dilayangkan oleh Riot Games terhadap Moonton. Beberapa hal yang dibahas termasuk materi pemasaran, desain hero, skin, konten, dan event tertentu di dalam game.

Baca Juga:
Tim Indonesia Echo Esports Siap Bertanding di Babak Play-Ins pada Kejuaraan Dunia Free Fire World Series (FFWS) 2022

Pantauan tim HiTekno pada Kamis (12/05/2022), rating game Wild Rift turun signifkan menjadi 2,6. Padahal saat game ini pertama kali meluncur di Android pada Oktober 2020, rating ada pada kisaran 3,8 hingga 4,0.

Game League of Legends Wild Rift dibombardir bintang satu. (Play Store)
Game League of Legends Wild Rift dibombardir bintang satu. (Play Store)

Rating 2,6 tentu cukup buruk dari lima bintang yang tersedia pada Google Play. Sejauh ini, terdapat 1,9 juta player yang memberikan rating dan ulasan terhadap game Wild Rift di Google Play Store.

Sebagian di antara mereka memberikan penilaian objektif dan mengeluhkan masalah di dalam game seperti bug jaringan, matchmaking, dan masalah fps drop. Meski begitu, penilaian terbaru justru diberikan oleh para pemain Mobile Legends.

Mereka menyinggung masalah Riot Games yang menuntut Moonton terkait permainan Mobile Legends Bang Bang.

Player yang memberikan rating bintang satu bahkan hampir dua kali lipat dibanding mereka yang memberi rating bintang lima. Sebagian pemberi rating bintang satu turut menyematkan komentar pedas pada Riot Games.

Baca Juga  Tahan Air, Speaker Bluetooth VIVAN VS50 Resmi Dijual di Indonesia Seharga 1,3 Juta

Baca Juga:
8 Drama Netflix Favorit Member BLACKPINK, Salah Satunya Squid Game!

Yakin mau senggol MLBB? ML game keras dek-dek! Game sepi c*k,” kata Na**a Pra**ma.

Wild Rift banjir rating bintang satu. (Play Store)
Wild Rift banjir rating bintang satu. (Play Store)

Game t*l*l, nggak jelas. Mana nuduh Mobile Legends plagiat lagi,” komentar Ad**a Ri**i.

Mati kau jadi bintang dua. Sok-sokan mau hapus MLBB..wkwkw. Hadapi tuh player Epic..bahaha,” ungkap Sen**sa.

Sebagai perbandingan, game MOBA lainnya seperti AOV memiliki rating 4.0, Mobile Legends 4.0, Onmyoji Arena 4.4, dan Lokapala 3.8.

Rating dua koma sekian dari Wild Rift membuat game tersebut memperoleh reputasi kurang menguntungkan di Google Play. Riot Games sebelumnya menuduh Moonton meniru beragam karakter dan event di dalam LoL maupun Wild Rift.

Riot Games menuduh bahwa Moonton mengambil hak kekayaan intelektual mereka. (Dokumen tuntutan Riot Games)
Riot Games menuduh bahwa Moonton mengambil hak kekayaan intelektual mereka. (Dokumen tuntutan Riot Games)

Banyak karakter dan artwork yang telah disalin Moonton. Misal, champion milik Riot, Zac yang dirilis untuk LoL pada 2013 sangat mirip hero Gloo milik Moonton yang meluncur pada tahun 2021 untuk MLBB. Keduanya menampilkan skema warna magenta, ungu, dan hitam yang sama, tangan bercakar yang khas, dan bentuk tubuh yang serupa. Kedua karakter ini juga berbagi cara berjalan, serangan, atribut, dan skill mirip dalam game,” tuduh Riot Games dalam pernyataan resminya.

Tak hanya di pengadilan, perseteruan Riot Games vs Moonton rupanya merembet ke player Mobile Legends dan Wild Rift. Hingga artikel ini ditulis, masih banyak player Mobile Legends yang memberi rating bintang satu ke Wild Rift di Play Store.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS





Source link