Mengenal Jenis Asuransi Yang Ada Di Indonesia

jenis asuransi yang ada di indonesia
jenis asuransi yang ada di indonesia

Asuransi, kata-kata yang sudah sangat familiar ditelinga kita karena memiliki banyak sekali manfaat bagi pesertanya dan hampir seluruh masyarakat di Indonesia menggunakan asuransi.

Asuransi sendiri memiliki banyak sekali jenisnya dimana setiap jenis asuransi memiliki manfaat yang berbeda-beda, bagi anda yang belum mengetahui jenis asuransi yang ada di Indonesia pada artikel ini kami akan membahasnya.

Jenis Asuransi Yang Ada Di Indonesia

Jenis Asuransi Yang Ada Di Indonesia

1. Asuransi Jiwa

asuransi jiwa adalah program perlindungan bagi keluarga apabila terjadi hal-hal yang tak diinginkan, seperti kematian, terhadap pemegang polis asuransi.

Dalam penerapannya, asuransi jiwa juga memiliki beberapa jenis yang bisa anda pilih diantaranya :

Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Asuransi jiwa berjangka atau term life insurance ini fungsinya untuk memberi proteksi kepada tertanggung dalam jangka waktu tertentu saja. Asuransi jiwa ini biasanya menawarkan kontrak untuk 5, 10, atau 20 tahun, dengan premi tetap dan terhitung murah.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Asuransi jiwa jenis seumur hidup atau whole life insurance ini memberikan perlindungan seumur hidup, meski biasanya perusahaan asuransi membatasi manfaat perlindungan hingga hanya 100 tahun.

Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)

Jenis asuransi jiwa dwiguna atau endowment insurance ini sesuai dengan namanya adalah asuransi yang memiliki dua manfaat, yaitu sebagai asuransi jiwa berjangka sekaligus tabungan. Artinya Anda sebagai pemegang polis dapat memperoleh nilai tunai dari premi asuransi yang sudah Anda bayarkan berupa uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia dalam periode tertentu sesuai dengan kebijakan polis asuransi bersangkutan dan juga dapat menarik polis asuransi dalam waktu tertentu sebelum masa kontrak berakhir.

Baca Juga  Aplikasi Kasir Terbaik 2022 Resto dan Food Court

Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi jiwa jenis unit link ini menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi, dan paling sering ditawarkan oleh agen asuransi. Jika Anda tertarik berinvestasi namun tidak mengerti tentang investasi dan ingin tetap memastikan jiwa Anda tetap mendapatkan manfaat perlindungan dari kematian, Anda bisa memilih jenis asuransi jiwa ini.

2. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan Asuransi yang memberikan jaminan kepada tertanggung untuk mengganti setiap biaya pengobatan yangmeliputi biaya perawatan di rumah sakit, biaya pembedahan dan biaya obat-obatan.

Asuransi kesehatan merupakan asuransi yang wajib dimiliki oleh kita karena memiliki banyak sekali manfaat, Untuk asuransi kesehatan yang paling familiar adalah BPJS Kesehatan yang belakangan diwajibkan oleh pemerintah.

Seperti kami jelaskan diatas jika asuransi kesehatan memiliki banyak sekali manfaat, berikut manfaat menggunakan asuransi kesehatan, berikut beberpaa manfaatnya :

  • Rawat Inap (In Patient)

Mengganti biaya pengobatan akibat musibah penyakit dan memerlukan perawatan atau menginap di RS sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada kondisi polis perusahaan Asuransi.

  • Rawat Jalan (Out Patient)

Mengganti biaya pengobatan akibat penyakit yang tidak memerlukan perawatan di RS atau menginap namun hanya rawat jalan atau berobat jalan saja.

  • Melahirkan (Maternity)

Mengganti biaya persalinan atau melahirkan sesuai dengan program yang diambil dan dijamin dalam polis.

  • Kacamata (Glasses)

Mengganti biaya lensa kacamata dan bingkai atau frame dengan surat pengantar dari dokter mata.

  • Gigi (Dental)

Mengganti biaya pengobatan akibat perawatan dasar, perawatan gusi, perawatan gigi kompleks, perbaikan gigi dan gigi palsu pada perawatan gigi.

  • General chek up

Mengganti biaya pemeriksaan kesehatan sesuai dengan program yang diambil dan dijamin dalam polis

3. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan merupakan produk asuransi yang menjamin setiap kerugian atau kerusakan terhadap mobil atau sepeda motor Anda yang disebabkan oleh:

  • Kecelakaan (tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terpelosok);
  • Perbuatan jahat;
  • Pencurian, kebakaran dan kerusakan yang terjadi selama di atas kapal penyebrangan (ASDP).
Baca Juga  Cari Kaca Film Mobil Semarang ? Reza Kaca Film Solusinya | Distributor Kaca Film 3M

Asuransi kendaraan sendiri terdiri dari dua pilihan atau jenis yaitu :

Komprehensif

  • Menjamin atas kerugian dan/atau kerusakan menyeluruh atau sebagian yang terjadi pada kendaraan bermotor Anda;
  • Menjamin tanggung jawab hukum Tertanggung terhadapkerugian yang diderita pihak ketiga yang secara langsung disebabkan oleh kendaraan bermotor Anda.

Kerugian Total

  • Menjamin setiap kerugian kendaraan bermotor jika biaya perbaikan melebihi 75% dari nilai pasar atau hilang karena pencurian.

Salah satu pilihan asuransi mobil terbaik saat ini yang bisa anda gunakan adalah asuransi Brins, untuk mengetahui kelebihan serta manfaatnya anda bisa mengunjungi link berikut ini lifepal.co.id/asuransi/brins/ .

Itulah tadi jenis asuransi yang ada di Indonesia dan yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Dalam penggunaan asuransi sendiri terdapat yang namanya Premi.

Dalam dunia asuransi, premi adalah salah satu komponen terpenting. Premi adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh nasabah tertanggung kepada pihak perusahaan asuransi.

Dengan kata lain, premi asuransi adalah biaya yang ditanggung dan harus dibayarkan nasabah dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan sebelumnya. Umumnya, sistem pembayaran premi adalah bulanan, namun hal tersebut kembali lagi ke perusahaan dan kesepakatan di awal.

Jika merujuk pada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014, premi adalah sejumlah uang yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi atau perusahaan reasuransi dan disetujui oleh pemegang polis untuk dibayarkan berdasarkan perjanjian asuransi atau perjanjian reasuransi, atau sejumlah uang yang ditetapkan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mendasari program asuransi wajib untuk memperoleh manfaat.

Premi asuransi juga terdiri dari beberapa jenis, Bagi kalian yang ingin mengetahui Jenisnya silahkan klik link berikut ini jenis jenis premi asuransi