Cara Melihat Waktu Penggunaan Aplikasi di Handphone vivo Biar Lebih Terkontrol

Cara Melihat Waktu Penggunaan Apkikasi di vivo - Header

CRCOID. – Mengetahui cara melihat waktu penggunaan aplikasi di handphone vivo cukup penting untuk saat ini. Kita soalnya perlu mengontrol pemakaian supaya terhindar dampak negatif perangkat.

Handphone memang telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Di masa pandemi seperti sekarang, handphone bahkan menjadi sarana utama untuk belajar hingga bekerja karena banyak aktivitas yang dialihkan ke bentuk daring.

Memakai handphone dengan durasi terlalu lama sayangnya mempunyai sejumlah dampak negatif untuk kesehatan. Termasuk di antaranya meliputi mata lelah, gangguan tidur, hingga meningkatnya risiko terkena kanker otak.

Supaya bisa terhindar dari berbagai macam dampak negatif pemakaian handphone tersebut, kita pun perlu melakukan kontrol diri dengan lebih baik. Salah satu di antaranya mencoba membatasi waktu penggunaan aplikasi di handphone.

Berbagai macam perangkat modern termasuk handphone buatan vivo untungnya sudah dilengkapi dengan fitur kesehatan digital (digital wellbeing) yang bisa dipakai untuk melihat pengguna aplikasi.

Cara Melihat Waktu Penggunaan Aplikasi di Handphone vivo

Melalui Fitur Kesehatan Digital

  1. Buka Settings
  2. Cari menu Digital Wellbeing and parental controls
  3. Masuk ke menu tersebut
  4. Ketuk Show your data jika diperlukan
  5. Akan terlihat grafik pemakaian handphone
  6. Ketuk grafik untuk melihat pengguna aplikasi secara lebih rinci
  7. Pilih tanggal atau hari yang mau dilihat

Fitur kesehatan digital sayangnya masih tergolong cukup baru. Kita hanya bisa menemukannya pada handphone-handphone dengan antarmuka sistem anyar karena baru mulai dikembangkan sejak Android Pie.

Untuk perangkat yang belum mendukungnya, kita pun bisa mencoba aplikasi pihak ketiga seperti StayFree yang menawarkan fitur serupa. Hanya saja pastikan untuk mengunduhnya secara resmi melalui Google Play Store.

Memakai StayFree

  1. Download aplikasi StayFree
  2. Buka aplikasi
  3. Masukan tahun kelahiran
  4. Ketuk Continue
  5. Klik Agree untuk menyetujui kebijakan layanan
  6. Tekan tombol Next beberapa kali untuk melewati halaman informasi
  7. Tekan Grant app usage dan Grant web usage untuk memberikan akses
  8. Masuk ke bagian Apps untuk melihat pemakaian aplikasi
  9. Ubah tanggal jika diperlukan
Baca Juga  7 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik, Nggak Kalah Sama Spotify

Hampir sama seperti fitur kesehatan digital bawaan Android, StayFree pun tak hanya menawarkan kemampuan untuk melihat waktu penggunaan aplikasi handphone melainkan juga beberapa dukungan tambahan lain.

Kita di antaranya juga akan menjumpai fitur alarm, blokir, hingga penjadwalan yang bisa dipakai untuk membatasi penggunaan aplikasi. Selain itu, ada juga setelan khusus yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola akses ke sejumlah web.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link