Apa Itu WhatsApp Cloud API yang Baru Saja Diluncurkan oleh Meta?

CRCOID – WhatsApp kembali merilis teknologi terbaru mereka yaitu WhatsApp Cloud API. Teknologi itu diluncurkan oleh perusahaan milik Mark Zuckerberg, yakni META.

Zuckerberg resmi merilis WhatsApp Cloud API pada hari Jumat, (20/5/2022). Teknologi tersebut merupakan pengembangan platform WhatsApp bisnis yang bisa digunakan sebagai chat bot layaknya layanan customer service.

WhatsApp Cloud API ini memberikan kemudahan bagi perusahaan komersial untuk memberikan pelayanan kepada konsumen melalui pesan singkat.

Namun, WhatsApp Cloud API merupakan aplikasi terpisah dari WhatsApp Bisnis, yang digunakan secara gratis. Nantinya, penggunaan WhatsApp Cloud API akan berbayar dengan tujuan mendapatkan target lebih besar dan mencakup banyak perusahaan.

Baca Juga:
Cara Menambahkan Nomor Internasional di WhatsApp

“Hari ini, saya dengan senang hati mengumumkan bahwa kami membuka WhatsApp untuk bisnis apa pun dengan ukuran berapa pun di seluruh dunia melalui WhatsApp Cloud API,” kata Zuckerberg dalam pernyataan resminya.

Zuckerberg menjelaskan WhatsApp Cloud API mampu membuat para pelaku bisnis mudah dalam merespons pertanyaan konsumen.

Adapun fitur spesial yang disediakan oleh WhatsApp Cloud API adalah chat bot. Fitur chat bot ini dapat disesuaikan dengan jenis layanan perusahaan.

Berkaitan dengan keamanan, Zuckerberg mengklaim bahwa WhatsApp Cloud API dilengkapi enkripsi. Karena itu, ia menjamin teknologi ini aman bagi pengguna maupun pelaku usaha.

“Kami semakin melihat bahwa orang-orang juga menginginkan kemudahan komunikasi yang sama dengan bisnis,” tambahnya.

Baca Juga:
Cara Keluar dari Grup WA Tanpa Diketahui Anggota Lainnya

Menurutnya, komunikasi antara konsumen dengan pelaku usaha harus diperbaiki demi memudahkan proses transaksi. WhatsApp juga telah melakukan survei yang melibatkan masyarakat Indonesia.

Hasilnya, sebanyak 86 persen masyarakat Indonesia mengaku mengirimkan pesan kepada perusahaan merupakan cara yang paling disukai. Selain karena praktis dan cepat mendapat informasi, pelanggan tidak harus kesusahan mendatangi perusahaan untuk mendapatkan informasi.

Baca Juga  Pasti Menang! 5 Tips Kalahkan Golden Wolflord di Genshin Impact 2.5

WhatsApp Cloud API dipercaya menjadi solusi atas kesulitan komunikasi antara pelaku bisnis dan pengguna. Zuckerberg mengatakan, layanan perusahaan umumnya hanya menerima pesan melalui telepon maupun email saja.

Namun era komunikasi yang semakin berubah dan bertambah pilihan, membuat diharuskannya ada inovasi yang mempermudah keduanya.

Dalam menggunakan WhatsApp Cloud API, pelaku bisnis diberikan beberapa keuntungan. Di antaranya mampu menghilangkan biaya server yang digunakan untuk layanan chat bot, hingga aplikasi bisa mengelola obrolan hingga 10 perangkat.

WhatsApp Cloud API juga telah digunakan oleh sejumlah perusahaan dalam negeri Tanah Air. Mereka adalah Indosat Ooredo, Bank Mandiri hingga AkuLaku.

Kontributor : Annisa Fianni Sisma



Source link