realme smart TV Stick – Sulap TV dan Monitor Lawas Jadi Smart TV Modern

realme smart TV Stick Header

Jika punya TV atau monitor digital yang belum punya fitur pintar untuk akses konten melalui internet, kamu bisa menggunakan realme smart TV Stick sebagai solusi alternatif untuk menghembuskan kehidupan baru pada perangkat tersebut.

Pasalnya realme smart TV Stick dapat menyulap TV maupun monitor digital lawas menjadi sebuah TV pintar yang mana akan membuka akses konten hiburan lebih luas. Bahkan fitur yang ditawarkannya pun terbilang lengkap layaknya TV pintar harga jutaan. Penasaran seperti apa hasilnya?

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita lihat terlebih dahulu apa yang dalam paket penjualannya. Di dalam box berwarna putih tersebut tersedia sebuah realme smart TV Stick model RMV2106, kabel HDMI extension, kabel USB to microUSB, power adapter, beserta remote dengan dua buah baterai AAA.

realme smart TV Stick (1)

Tampilan remote yang disediakan sangat mirip sekali dengan remote yang ada di perangkat realme smart TV, namun ada sedikit perbedaan gambar ikon saja. Dengan begitu terasa lebih familiar bagi kamu yang juga memiliki televisi pintar dari realme.

Sementara untuk perangkat realme smart TV Stick sendiri punya tampilan yang sangat minimalis dengan balutan warna hitam menyeluruh bodinya. Selain tulisan informasi produk di bagian belakang, hanya ada emboss logo realme pada bagian depan yang tidak terlalu terlihat secara kasat mata.

Tentunya di salah satu ujungnya terdapat konektor HDMI untuk terhubung ke perangkat seperti televisi maupun monitor. Bersamaan dengan itu terdapat juga port microUSB di bagian samping yang tidak boleh dilupakan karena berfungsi sebagai sumber daya.

realme smart TV Stick (4)

Di dalam realme smart TV Stick terdapat dapurpacu Quad Core CPU berbasis ARM Cortex-A35 dan GPU ARM G31 MP2 untuk memberikan kinerja yang baik. Selain itu juga ada RAM 1GB dan penyimpanan 8GB (tersisa 4,2GB untuk digunakan) dalam memenuhi kebutuhan aplikasi yang ada.

Baca Juga  Viral Pemuda Peluk Pengantin Lelaki, Nangis Haru Ditinggal Sahabat Nikah

Soal konektivitas, realme smart TV Stick menggunakan HDMI 1.4 yang dapat menampilkan gambar pada resolusi Full HD 1080p 60Hz. Sementara untuk nirkabel mendukung Bluetooth 5.0 agar mudah terhubung ke berbagai perangkat secara nirkabel serta Dual Band WiFi 802.11ac yang mana dapat menangkap band 2.4GHz dan 5GHz.

Spesifikasi yang dibawa oleh realme smart TV Stick bisa dikatakan sudah terbilang modern untuk mendukung segala jenis kebutuhan maupun perangkat masa kini. Koneksi WiFi yang cepat juga akan sangat membantu jika ingin melakukan cast dari perangkat Android lain pasalnya realme smart TV Stick juga sudah mendukung Chromecast secara bawaan.

realme smart TV Stick (20)

Lalu bagaimana cara penggunaannya? Cukup mudah kok karena tinggal menghubungkan realme smart TV Stick ke port HDMI yang ada di televisi maupun monitor. Setelah itu hubungkan juga power adapter melalui kabel USB-A to microUSB sebagai sumber daya. Selanjutnya realme smart TV Stick pun langsung siap untuk digunakan.

Sebagai catatan mengingat bodinya yang sedikit lebar, maka sangat disarankan untuk juga menggunakan HDMI extension yang disediakan. Selain akan lebih mudah dipasangkan, HDMI extension juga memiliki ujung konektor yang sama seperti kabel HDMI biasa sehingga tidak akan mengganggu port lain di sampingnya.

realme smart TV Stick (6)

Setelah itu semua sudah dilakukan, maka tinggal memilih input dari port HDMI yang sesuai pada televisi maupun monitor. Kemudian ikuti petunjuk untuk pairing ke remote terlebih dengan menekan tombol Home dan Back selama kurang lebih 5 detik.

Pilih bahasa yang diinginkan lalu login menggunakan akun Google untuk bisa melanjutkan ke proses berikutnya. Kemudian tinggal mengikuti perintah dan langkah-langkah yang muncul di layar untuk personalisasi perangkat. Setelah semua beres, nantinya akan langsung masuk ke tampilan utama Android TV.

Baca Juga  Industri Gaming Booming, Kuy Token Gandeng Lyto Ramaikan Pasar Kripto Indonesia

realme smart TV Stick (8)

Dalam pengujian, realme smart TV Stick dihubungkan ke monitor yang biasa digunakan untuk komputer. Alhasil monitor tersebut pun langsung berubah menjadi TV pintar dalam sekejap tanpa repot sama sekali.

Oleh karena itu tidak hanya TV konvensional saja, selama perangkat memiliki input HDMI yang mendukung, maka dapat beralih fungsi menjadi TV pintar dengan menggunakan realme smart TV Stick. Tentu dengan adanya sistem operasi Android TV versi 11 di dalamnya, fungsi dan fitur perangkat pun bertambah jadi lebih luas.

realme smart TV Stick (13)

Secara bawaan sudah langsung terpasang aplikasi YouTube, Netflix, dan Prime Video yang bisa langsung dinikmati jika sudah berlangganan. Sementara untuk aplikasi lain seperti Vidio, Disney+ atau HBO Go misalnya yang tersedia untuk Android TV dapat diunduh melalui Google Play Store dengan sangat praktis.

Tidak hanya aplikasi hiburan semata, realme smart TV Stick juga memungkinkan aplikasi game yang mendukung jika ingin mengisi waktu santai dengan bermain. Dengan begitu realme smart TV Stick dapat membuat monitor atau TV konvensional menjadi jauh lebih fungsional berkat dukungan yang diberikannya.

realme smart TV Stick (25)

Apalagi terdapat juga sudah tertanam fitur Chromecast yang akan sangat membantu untuk menampilkan konten dari perangkat lain seperti smartphone atau tablet dengan hanya sekali ketuk.

Jadi, tidak perlu perangkat tambahan lagi untuk melakukan hal tersebut. Tak ketinggalan dukungan perintah suara dari Google Assistant akan semakin memudahkan penggunaan.

Remote yang juga hadir dalam paket penjualan realme smart TV stick ini juga sudah dilengkapi dengan mic sehingga voice command bisa dieksekusi melalui remote controlnya.

Secara keseluruhan realme smart TV Stick berhasil memberikan pengalaman TV pintar layaknya perangkat TV pintar sebenarnya. Apalagi dengan sudah membawa sistem operasi Android TV 11, fungsi yang ditawarkan dijamin bakal membuat segalanya lebih praktis dalam hal menikmati konten hiburan.

Baca Juga  3 Cara Daftar PayPal dengan dan Tanpa Kartu Kredit

Perangkat ini bisa didapatkan melalui skema pre-order 24-27 Mei 2022 dan Flash Sale 28 Mei pukul 12:00 WIB di Shopee, Lazada, JD.ID, akulaku, Blibli, Tokopedia, realme.com, dan Tiktok.

 

Source link