Apa Itu Ghost Touch yang Terjadi di Beberapa Layar Handphone?

Apa Itu Ghost Touch - Header

CRCOID. – Ada banyak permasalahan yang bisa terjadi saat kita menggunakan handphone berlayar sentuh. Salah satu di antaranya termasuk ghost touch yang akan sangat mengganggu untuk sebagian orang.

Permasalahan ghost touch ini uniknya tak hanya bisa muncul di perangkat lama. Beberapa seri handphone keluaran baru bahkan juga sempat membawanya sebagai sebuah bug dalam pengembang maupun produksi.

Kabar baiknya, kita tak selalu memerlukan penggantian komponen untuk mengatasi ghost touch. Kita dalam beberapa kasus bahkan bisa melakukannya secara mandiri tanpa perlu teknisi andal meskipun masih awam sekalipun.

Apa Itu Ghost Touch?

Bagi kamu yang belum tahu, ghost touch adalah sebuah penyakit dari panel sentuh. Biasanya ditandai dengan adanya bagian layar handphone yang sering tiba-tiba bergerak secara acak padahal sedang tidak digunakan.

Masalah ini dapat menyebabkan sebuah handphone sering membuka aplikasi atau mengetik sendiri. Selain itu, kita kadang-kadang juga bisa sedikit kesulitan mengoperasikan perangkat karena ada bagian layar yang seolah-olah ikut tersentuh padahal ketukan dilakukan di sisi lain.

Ghost touch sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari masalah atau bug dalam pengembangan sistem operasi, kotoran yang menempel, hingga kerusakan komponen elektronik dari handphone akibat pemakaian dapat menjadi beberapa pemicunya.

Untuk menyelesaikan masalah ini, kita karenanya perlu mempertimbangkan berbagai macam penyebab tersebut. Cara yang diperlukan tentu akan berbeda-beda di mana kamu dapat mengikuti tahapan berikut jika masih belum tahu.

Baca Juga  Apple WWDC 2022 Segera Digelar Malam Ini, Berikut Cara Menontonnya

Car Mengatasi Ghost Touch

Bersihkan Layar

Membersihkan layar dapat menjadi langkah pertama yang bisa dilakukan jika muncul masalah ghost touch di handphone. Meskipun terdengar sederhana, hal ini akan menghilang debu dan kotoran yang memicu sentuhan-sentuhan tak terlihat.

Sebelum membersihkan layar, pastikan untuk melepas perangkat dari kabel pengisian daya. Kita juga dapat mematikan handphone untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak terduga sehingga nanti proses bisa berjalan lebih aman.

Apa Itu Ghost Touch - 1[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gunakan kain halus seperti microfiber untuk membersihkannya. Basahi dengan sedikit alkohol atau bisa juga air hangat, lalu usap perlahan-lahan secara searah dari sisi layar ke sisi yang lain. Lakukan berulang-ulang sampai dirasa bersih.

Lepas Case Atau Skin yang Dipakai

Case atau skin yang menempel di handphone juga dapat menjadi pemicu ghost touch. Sifatnya yang menekan dapat mengakibatkan terjadinya perubahan bentuk atau posisi layar terutama jika terbuat dari bahan yang keras.

Dalam beberapa forum, case berbahan keras juga disebut-sebut mudah bengkok saat perangkat pernah jatuh. Perubahan bentuk ini tentu dapat semakin memicu kerusakan pada layar handphone sekaligus bodinya.

Apa Itu Ghost Touch - 2[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Melepaskan case atau skin karena itu dapat menjadi solusi yang bisa dicoba ketika handphone mengalami ghost touch. Kita juga harus mencari aksesori yang benar-benar pas di bodi perangkat jika ingin menggantinya.

Copot Pelindung Layar Jika Memakainya

Meskipun dirancang untuk memberikan perlindungan tambahan supaya tidak mudah baret hingga pecah, lapisan pelindung layar juga dapat menjadi sumber masalah yang mengganggu bagaimana cara kerja panel sentuh.

Termasuk di antaranya lapisan pelindung layar juga dapat menjadi pemicu permasalahan ghost touch. Kita karena itu bisa mencoba untuk mencopotnya jika panel sering mengalami sentuhan-sentuhan acak yang tidak diharapkan.

Baca Juga  Cara Zoom di TikTok Untuk Memperbesar dan Melihat Bagian Tertentu

Apa Itu Ghost Touch - 3[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Lakukan pencopotan mulai dari pojok secara perlahan. Gunakan kartu ATM atau KTP untuk membantu memisah lapisan pelindung dari layar supaya bisa lebih aman. Hubungi manufaktur pembuatnya jika kamu merasa kesulitan.

Update Sistem Operasi

  1. Masuk ke Settings
  2. Cari dan buka bagian Software update
  3. Cek ketersediaan versi sistem terbaru
  4. Download dan pasang pembaruran jika tersedia

Seperti apa yang saya jelaskan di bagian atas, masalah ghost touch juga bisa terjadi karena masalah pengembangan antar muka sistem operasi yang digunakan. Kasus seperti ini sempat terjadi di lini POCO X3 Pro.

Apa Itu Ghost Touch - 4

Memperbarui sistem ke versi anyar tentu dapat menjadi solusi yang paling pas. Selain dapat mengatasi bug ghost touch yang muncul, siapa tahu ada fitur baru atau dukungan keamanan yang lebih mutakhir lewat pembaruan tersebut.

Bawa ke Ahli

Jika beberapa hal di atas belum mengatasi ghost touch, maka bawa perangkat ke orang yang lebih ahli. Hanya saja jangan ke teknisi pihak ketiga karena peralatan dan komponen yang tidak standar justru bisa mengakibatkan masalah baru termasuk ghost touch itu sendiri.

Apa Itu Ghost Touch - 5[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Service center dari perusahaan handphone terkait tetap bisa menjadi rujukan yang paling pas. Namun supaya nantinya tidak kaget, sebaiknya cek dulu daftar biaya penggantian komponen atau tanyakan di forum komunitas terkait jika diperlukan.

Penggantian komponen yang diperlukan pun tentu berbeda-beda untuk setiap masalah. Bisa jadi memang harus mengganti layarnya tetapi tak jarang hanya perlu membeli kepala charger baru karena permasalahan ghost touch pun bisa dipicu akibat masalah kelistrikan.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link

Baca Juga  Daftar Harga Laptop Baru Per November 2021