Cara Blokir Panggilan Masuk dari Nomor Tidak Dikenal di Handphone vivo

Cara Blokir Panggilan Masuk Nomor Tidak Dikenal di HP vivo - Header

CRCOID. – Memblokir panggilan masuk dari nomor yang tidak dikenal sangat mungkin untuk dilakukan di berbagai macam perangkat masa kini, termasuk handphone-handphone buatan vivo.

Panggilan dari nomor yang tidak dikenal memang bisa sangat mengganggu apalagi jika ternyata berupa sebuah penipuan berkedok distribusi hadiah untuk pemenang undian atau sekedar spam penjualan produk maupun layanan.

Fitur pemblokiran panggilan untuk nomor tidak dikenal untungnya kini sudah tersedia di berbagai macam handphone masa kini lewat antarmuka sistem yang ditawarkan. Walaupun dalam hal ini, bakal berbeda-beda untuk setiap model dan merek perangkat.

Di lini handphone buatan vivo, fitur pemblokiran tersebut secara khusus meluncur pada Funtouch OS. Kita akan menemukannya sebagai dukungan bernama Rejection walaupun setiap model mempunyai antarmuka sendiri-sendiri.

Kita pun dapat memakainya untuk memblokir panggilan masuk dari nomor yang tidak dikenal  dengan sangat mudah. Adapun buat kamu yang belum tahu, berikut penjelasan singkat mengenai cara melakukan hal itu.

Cara Blokir Panggilan Masuk dari Nomor Tidak Dikenal di Handphone vivo

Di Funtouch OS 4 ke Atas

  1. Buka halaman Settings
  2. Klik menu System app settings (khusus Funtouch OS 9 ke Atas)
  3. Masuk ke setelan untuk Phone
  4. Ketuk menu Rejection
  5. Aktifkan opsi Reject calls from unknown numbers

Fitur Rejection di Funtouch OS 4 ke atas bisa diatur secara langsung dari halaman pengaturan sebagaimana langkah-langkah di atas. Setelah mengaktifkannya, setiap panggilan masuk dari nomor yang tidak dikenal otomatis akan ditolak.

Di Funtouch OS 2.6 ke Bawah

  1. Jalankan aplikasi i Manager
  2. Pilih menu Rejection
  3. Ketuk Settings
  4. Nyalakan opsi Rejection
  5. Ubah setelan Blocking mode ke Only allow contacts

Berbeda dengan versi yang lebih baru, fitur Rejection di Funtouch 2.6 ke bawah terdapat di aplikasi i Manager. Kita kurang lebih bisa mengaksesnya dengan cara serupa tetapi dengan beberapa penyesuaian seperti langkah-langkah di atas.

Baca Juga  EVOS Rekt Tanggapi Laga El Clasico Jilid Dua di MPL Season 9 Week 8

Di Funtouch OS 3

Yang cukup disayangkan, fitur pemblokiran panggilan masuk dari nomor tidak dikenal belum tersedia dari Funtouch OS 3 hingga sebelum Funtouch OS 4. Perusahaan vivo sendiri menyarankan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga jika mau mendapatkan dukungan serupa.

Namun jika menggunakan aplikasi atau layanan dari pihak ketiga, jangan lupa untuk menyetel Contacts & Phone permissions serta menyalakan Autostart di pengaturan supaya dapat berjalan dengan semestinya.

Menyetel Contacts & Phone permissions secara khusus bisa dilakukan di bagian Settings > More settings > App manager (Applications > Installed)> ketuk nama aplikasinya > Permissions. Sementara Autostart di Settings > More settings > Permission management (Applications) > Autostart.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link