Apa Fungsi AirDrop di Perangkat Apple Seperti iPhone?

Apa Fungsi AirDrop Header

CRCOID. – Banyak orang yang menjadikan iPhone dan iPad sebagai perangkat mobile yang digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Selain mereknya yang sudah sangat terkenal, iPhone dan iPad hadir dengan beragam fitur yang dapat membantu rutinitas penggunanya. Salah satunya fitur AirDrop yang akan sangat bermanfaat bagi pemilik perangkat besutan Apple tersebut.

Bagi kamu yang baru pertama kali menggunakan iPhone mungkin akan bertanya-tanya apa fungsi dari AirDrop. Nah untuk itu berikut penjelasannya secara singkat.

Apa Itu AirDrop?

AirDrop adalah fitur yang memungkinkan pengiriman data antara perangkat Apple secara cepat dengan menggunakan dukungan jaringan WiFi dan Bluetooth.

Singkatnya, kamu dapat transfer data dari iPhone ke perangkat Apple lainnya secara wireless tanpa perlu menggunakan kabel layaknya aplikasi seperti Send Anywhere, Share Me, SHARE IT, dan lainnya yang mampu memindahkan file dengan sangat cepat.

AirDrop akan memakai Bluetooth untuk menciptakan jaringan WiFi peer to peer antara perangkat Apple. Nantinya setiap perangkat tersebut akan membuat firewall koneksi agar data yang dikirimkan terenkripsi.

Data yang dikirimkan antar perangkat Apple pun menjadi aman berkat adanya enkripsi tersebut. Perlu dicatat, bahwa kedua perangkat yang akan saling bertukar data atau file harus sudah mengaktifkan fitur AirDrop bersama.

Apabila fitur AirDrop diaktifkan, maka secara otomatis Bluetooth dan WiFi akan turut menyala secara otomatis. Hal ini dilakukan karena Bluetooth akan membuat hubungan antar perangkat sementara WiFi akan menjadi jembatan untuk transfer data.

Transfer data menggunakan WiFi pun mempunyai kecepatan tinggi hingga 2 Gbps atau berkali-kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan Bluetooth yang hanya sebatas 50 Mbps. Hal inilah yang membuat AirDrop memanfaatkan koneksi WiFi dan Bluetooth untuk kebutuhan yang berbeda.

Baca Juga  Nimo TV Indonesia Siap Tutup Kanal Game Sebentar Lagi

Cara Menggunakan AirDrop

  1. Slide layar dari bagian bawah ke atas untuk membuka Control Center di perangkat Apple
  2. Aktifkan AirDrop pada perangkat Apple yang akan menerima data
  3. Cari foto atau video yang akan dikirimkan pada aplikasi Gallery
  4. Setelah foto atau video dipilih, tekan tombol Share
  5. Pada menu pop-up yang muncul, pilih perangkat yang diinginkan
  6. Perangkat Apple tersebut akan mendapatkan notifikasi penerimaan file
  7. Tekan tombol Terima atau Accept
  8. Tunggu hingga indikator persentase pengiriman selesai

Meskipun proses transfer data atau file yang dilakukan melalui fitur AirDrop sangat cepat, namun estimasi waktu perpindahannya akan berbeda-beda tergantung dari besar serta banyaknya data yang dipindahkan.

Menurut saya, fitur AirDrop sangat praktis untuk transfer data antar perangkat Apple. Apalagi fitur ini mampu mampu memindahkan file besar dengan kecepatan yang tinggi dibandingkan menggunakan kabel.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link