Penyesuaian Rute, Ini Cara Melihat Jadwal KRL Jabodetabek Terbaru

 Cara Melihat Jadwal KRL terbaru header

CRCOID. – Pada tanggal 28 Mei 2022, PT KAI Commuter Indonesia secara resmi membuat penyesuaian rute baru untuk jalur KRL atau Commuter Line di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

PT KAI Commuter Indonesia mengadakan perubahan KRL Jabodetabek karena sedang membuat Switch Over kelima di Stasiun Sudirman yang merupakan perubahan sistem operasional untuk penataan dan pengkondisian jalur Commuter Line di Stasiun Manggarai.

Tentunya hal ini berimbas terhadap pemotongan beberapa jalur langsung dari Bogor, Bekasi, maupun Cikarang sehingga pengguna jasa KRL harus melakukan transit terlebih dulu di Manggarai.

Commuter Line dari Stasiun Bogor kini hanya memiliki lintasan langsung ke Stasiun Jakarta Kota melalui jalur layar Stasiun Manggarai. Sementara Commuter Line dari Stasiun Bogor ke Stasiun Sudirman hingga Jatinegara sudah dihentikan sehingga harus melakukan transit terlebih dulu di stasiun Manggarai.

Commuter Line dari Stasiun Cikarang maupun Stasiun Bekasi juga sudah tidak lagi menuju Stasiun Jakarta Kota, melainkan dapat perubahan ke Stasiun Angke hingga Kampung Bandan melalui Manggarai atau Pasar Senen. Untuk menuju Stasiun Jakarta Kota pun harus transit di Stasiun Manggarai.

Dengan perubahan ini tentunya kamu yang merupakan pengguna setia jasa Commuter Line Jabodetabek harus menyesuaikan dengan jadwal baru.

Cara Melihat Jadwal KRL Jabodetabek Terbaru

Melalui Situs KAI Commuter

  1. Akses situs KAI Commuter
  2. Pada halaman utama situs, pilih menu Perjalanan KRL
  3. Kamu akan diperlihatkan tab Peta Rute, Jadwal KRL, dan Info Tarif Perjalanan

Peta KRL Jabodetabek Terbaru

Sebagai catatan pada tab Peta Rute, kamu akan diperlihatkan rute terbaru jalur dan Stasiun yang akan dilalui oleh Commuter Line Jabodetabek. PT KAI Indonesia pun menghadirkan warna berbeda pada setiap jalurnya agar mempermudah kamu untuk memahami perubahan rutenya.

Baca Juga  Indonesia Sukses Raih Medali Perak di PUBG Mobile Solo SEA Games Vietnam

Sementara jika kamu ingin mengetahui jadwal KRL atau Commuter Line secara real time, maka dapat memiliki tab Jadwal KRL. Nantinya kamu diminta untuk mengisi Relasi, Stasiun Keberangkatan, Stasiun Singgah, dan Rentan Waktu.

Jadwal KRL Jabodetabek Terbaru

Namun sebagai alternatifnya, kamu dapat mengetahui Peta Rute KRL Jabodetabek dengan mengunduh gambar yang telah disediakan sedangkan untuk jadwalnya dapat diundih dari file Excel dan PDF.

Selain itu, kamu juga dapat melihat jadwal KRL Jabodetabek melalui aplikasi KRL Access dengan cara mengunduhnya melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Melalui Aplikasi KRL Access

  1. Buka aplikasi KRL Access
  2. Pada halaman utama, pilih menu Options berikon tiga garis di bagian kanan atas
  3. Pilih menu Jadwal Kereta
  4. Tentukan Stasiun saat ini kamu berada dan rentang jam jadwal yang ingin diketahui (jam awal dan jam akhir)
  5. Tekan tombol Cari
  6. Jadwal akan muncul dengan menampilkan arah Nomor KRL, arah Stasiun Tujuan, dan waktu keberangkatan
    Jadwal KRL Jabodetabek Aplikasi

Apabila kamu menekan salah satu jadwal kereta, maka akan diperlihatkan detail estimasi waktu sampai pada setiap stasiun yang dilalui oleh KRL di waktu keberangkatan tersebut.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link