Cara Membatalkan Pesanan COD di TikTok Jika Tidak Jadi Membeli Produk

cara membatalkan pesanan cod TikTok - Header

CRCOID. – Sebagai jejaring sosial berbasis video pendek yang bisa dibilang banyak digunakan orang, TikTok telah memberikan kesempatan pada penggunanya untuk melakukan monetasi atau menghasilkan uang.

TikTok Shop menjadi salah satu cara mendapatkan uang yang mudah karena memungkinkan penjualan beragam jenis barang kepada seluruh pengguna TikTok di Indonesia.

Selain menjual barang, tentunya kamu juga bisa membeli produk dari pengguna lain di TikTok Shop dengan berbagai metode pembayaran seperti Transfer Bank, dompet digital, atau COD (Cash On Delivery).

Bisa dibilang COD merupakan salah satu yang populer digunakan untuk membeli barang di TikTok Shop karena mengizinkan pembeli dapat melakukan pembayaran setelah barang diantarkan ke rumah atau kantor.

Namun apa jadinya pada saat melakukan pembelian produk dengan metode COD, justru terdapat kesalahan pada alamat atau pemilihan jenis barang. Tentunya kamu ingin membatalkan pesanan di TikTok COD tersebut.

Untuk membatalkan pesanan produk di TikTok Shop yang menggunakan metode COD, maka dapat dilakukan mirip seperti pembelian menggunakan metode pembayaran lain.

Cara Membatalkan Pesanan COD di TikTok

  1. Buka aplikasi TikTok dan Login akun
  2. Pilih menu Profile berikon orang di bagian kanan bawah
  3. Lalu masuk ke menu Options berikon tiga garis di bagian kanan atas
  4. Pada menu pop-up yang muncul, pilih opsi Settings and privacy
  5. Pada halaman Order center, pilih opsi To Ship atau Shipped yang berada di bagian Your Order
    Batalkan Pesanan TikTok COD - 1
  6. Pilih produk yang telah dipesan secara COD di halaman Orders
  7. Pada halaman Ready to ship, tekan tombol Cancel di bagian bawah
  8. Pada menu pop-up yang muncul, pilih alasan pembatalan dan tekan tombol Submit
  9. Selanjutnya, kamu langsung dialihkan ke halaman Canceled yang menyatakan pesanan produk dibatalkan
    Batalkan Pesanan TikTok COD - 2
Baca Juga  Cara Registrasi Kartu Telkomsel Untuk Pengguna Lama dan Baru

Apabila kamu memilih Details dari Pacakage delivery cancel di halaman Canceled, maka secara otomatis akan diperlihatkan proses dari status Order placed menjadi Package delivery canceled.

Untuk opsi To Ship di halaman Order center biasanya akan menampilkan produk pesanan yang belum dikirimkan. Sementara Shipped akan menampillkan produk pesanan yang telah dikirimkan.

Perlu dicatat bahwa sebelum melakukan pembelian di TikTok Shop selalu memperhatikan secara detail data pembelian mulai dari alamat rumah, jenis produk, maupun ukuran produk agar tidak merepotkan pihak pembeli maupun TikTok.

Takutnya jika kamu sering melakukan pesanan COD atau metode pembayaran lainnya malah akan membuat akun TikTok menjadi bermasalah seperti terkena ban sehingga tidak bisa membeli lagi di TikTok Shop dan lainnnya.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link