Ini 5 Pengumuman Menarik dari Acara Apple WWDC 2022

Apple-WWDC-1

CRCOID. – Sesi keynote dari perhelatan teknologi Worldwide Developers Conference (WWDC) 2022 dari perusahaan raksasa Apple yang berlokasi di Apple Park Campus Amerika Serikat telah usai.

Dari acara tersebut ada lima kabar menarik yang telah dihadirkan antara lain chipset M2, iOS 16, iPadOS 16, WatchOS 9, hingga macOS Ventura. Melalui chipset M2, Apple mengeluarkan MacBook Air dan MacBook Pro. 

Chipset M2 merupakan suksesor dari chipset M1 di mana sebelumnya hadir dalam laptop MacBook Pro, PC Mac Studio, hingga iPad Air Gen 5. Meskipun hanya mengeluarkan dua laptop baru, Apple ternyata lebih banyak menghadirkan pembaruan pada sistem operasi perangkat buatannya seperti iPhone, iPad, Apple Watch dan laptop MacBook.

Berikut lima pengumuman menarik yang tim CRCOID. rangkum dari acara  WWDC 2022 yang digelar pada tanggal 6 Juni 2022 waktu setempat di Amerika Serikat.

Chipset Anyar M2 Untuk MacBook Air dan MacBook Pro

Apple-M2

Yang menjadi sorotan pada chipset terbaru buatan Apple ini ialah mendapatkan performa yang lebih ngebut dari pendahulunya. Apple mengklaim M2 mampu memberikan performa konversi video berkualitas ProRes tiga kali cepat.

Hal ini berkat dukungan GPU 10-core dan komponen lainnya seperti CPU 8-core serta 16 core neural engine yang membuatnya juga mampu mengerjakan pengeditan video 4K ProRes dari iPhone 13 Pro hingga menonton 8K ProRes.

Laptop yang menggunakan chipset ini juga dijanjikan memiliki ketahanan baterai yang lebih lama dari sebelumnya mencapai 20 jam untuk pemutaran video. Begitu pula juga terkait dukungan konektivitas yang menyediakan WiFi 6 dan menggunakan transfer data Thunderbolt.

Baca Juga  Ada Bonus dan Potongan Harga, Pre Order Monitor Gaming Samsung Odyssey Neo G9 Digelar

iOS 16 

 iOS-16-Apple-WWDC-2022-

Pada pembaruan iOS 16 ini Apple memberikan beberapa perubahan desain yang lebih segar. Salah satunya mendesain ulang tampilan Lock Screen di mana pengguna diberikan ruang untuk bisa mengganti tampilan Lock Screen.

Pada Lock Streen kini terdapat fitur ganti font, warna, foto, memberikan efek foto, hingga letak widget seperti pesan masuk, panggilan masuk, notifikasi aplikasi, dan masih banyak lagi. Pada bagian pesan, iOS 16 juga akan menghadirkan fitur menarik lainnya seperti pengguna bisa mengedit pesan yang sudah terkirim, membatalkan pesan yang sudah terkirim.

Dengan SharePlay, pengguna juga akan bisa menonton video pada beragam aplikasi dan membagikannya melalui pesan maupun panggilan video. Di samping itu ada menu Wallet, Map, Photos, Safety Check untuk mengizinkan share location, hingga Car Play.

iPadOS 16

 iPadOS-16

Sama seperti iOS 16, iPadOS 16 juga mendapatkan pembaruan yang sama. iPadOS 16 mendukung pekerjaan multitasking melalui Stage Manager seperti saat ingin membuka banyak halaman jendela dengan menggunakan layar kedua misalnya pada monitor yang lebih besar.

iPadOS 16 juga menghadirkan kolaborasi OS untuk pengeditan dokumen bersama yang mana bisa dibagikan ke panggilan video atau melalui pesan. Pembaruan iPadOS 16 lainnya juga ada aplikasi Freeform sebuah papan tulis virtual bersama dengan alat menggambar untuk rapat.

Lalu iPadOS 16 mendapatkan pembaruan Metal API untuk bermain game dan unduhan latar belakang hingga fitur SharePlay yang juga bisa dibagikan melalui pesan dan panggilan video.

macOS Ventura 

Apple-MacOS-1

macOS 13 pun turut memberikan sejumlah perubahan termasuk nama baru Southern California. Selain itu, membawa Stage Manager yang terhubung dengan pembaruan iPadOS 16 yang memungkinkan pengguna melakukan cara baru multitasking. Di macOS Ventura juga menghilangkan kata sandi dan hello dengan Touch ID dan Face ID.

Baca Juga  Buku Tentang Nusantara yang Mengguncang Dunia Sains

WatchOS 9

WatchOS-

Adapun WatchOS 9 akan membawa tampilan jam baru termasuk kalender yang lebih beragam, kemampuan untuk menyematkan aplikasi di bagian atas, notifikasi baru, dan dukungan untuk Podcast anak-anak dengan kontrol orang tua.

Untuk berolahraga, WatchOS 9 mendapatkan lebih banyak detail tentang performa lari pengguna seperti bisa melacak bagaimana pengguna bergerak ke atas atau ke bawah dan juga latihan yang bisa beralih antara berenang, bersepeda, dan berlari.

WatchOS pada pendeteksian tidur menghadirkan Sleep Stages yang menggunakan akselerometer dan sensor detak jantung untuk melacak status tidur dan bisa mengatur waktunya. Termasuk di dalamnya bisa mampu melacak riwayat medis yang dilihat dari makanan dan obat yang sedang digunakan sehingga semakin terperinci.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link