Ini Dampak Dilayani Tokopedia Bagi Pelaku UMKM Lokal Pada Kuartal Pertama 2022

Dilayani-Tokopedia-Gudang-2

CRCOID. – Setelah berganti nama menjadi Dilayani Tokopedia, fitur untuk penjual melalui fasilitas gudang ini diklaim mengalami peningkatan transaksi empat kali lipat dibandingkan sebelumnya termasuk peningkatan transaksi tertinggi sebanyak 181x lipat.

Hal ini disampaikan langsung oleh Samuel Simanjuntak selaku Associate Vice President of Fullfillment Tokopedia. Hadirnya Dilayani Tokopedia bagi para penjual juga membuka banyak peluang baru bagi para pelaku UMKM untuk membantu operasional bisnis mereka, menghemat biaya, dan menyediakan dashboard pada aplikasi Tokopedia untuk menganalisa penjualan mereka.

Saat ini Dilayani Tokopedia telah masuk ke enam kota yang tersebar di Indonesia meliputi Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Surabaya, hingga Makassar. Samuel mengungkapkan bahwa Jakarta, Surabaya, dan Bandung menjadi lokasi gudang dengan aktivitas tertinggi di kuartal pertama tahun 2022.

Untuk pengiriman terjauh yang dilayani oleh layanan penjual Tokopedia ini ialah dari Medan Sumatera Utara ke Kabupaten Merauke Papua. Selain itu, Dilayani Tokopedia pada kuartal pertama tahun 2022 juga memiliki peningkatan penjual sebesar dua kali lipat dibanding kuartal pertama tahun 2021.

Peningkatan jumlah pembeli juga dirasakan bagi penjual Tokopedia sendiri seperti yang dialami oleh pelaku UMKM dari toko Amazara di Yogyakarta dan Toko Kopi Gayo di Aceh. Peningkatan jumlah pembeli Amazara terasa pada lokasi di luar pulau Jawa, sedangkan Toko Kopi Gayo pertumbuhan pembeli berada di Kalimantan dan Papua.

Uma Hapsari selaku pemilik usaha Amazara menjelaskan bahwa semenjak bergabung dengan Dilayani Tokopedia, ia mulai merasakan beberapa manfaat dari usaha sepatunya itu. Salah satunya ia tidak lagi stres karena harus mengurusi pesanan yang masuk secara manual karena dengan Dilayani Tokopedia pesanan dikerjakan oleh mesin API.

Baca Juga  Dibandrol 6 Jutaan, Ini Spesifikasi dan Harga Realme GT Neo2

“Kita hanya memantau saja dari jauh sehingga kita bisa fokus ke hal lain seperti inovasi produk sehingga nggak usah mikir lagi. Mulai dari pengemasan hingga transaksi penjualan sudah dikerjakan Dilayani Tokopedia,” ujarnya.

Dilayani-Tokopedia-1

Sementara Iwan Aramiko pelaku usaha Toko Kopi Gayo mengatakan bahwa kini usahanya bisa melayani pengiriman dengan waktu yang lebih cepat dibandingkan sebelum bergabung dengan Dilayani Tokopedia.

“Dulu ada beberapa customer komplain ini pengiriman lama. Apalagi di daerah saya bisa 4-5 hari, belum lagi kalau overload bisa seminggu lebih dan itu sangat menyulitkan konsumen. Dari situ saya diuntungkan dan sekarang kalau ada order-an masuk tiba-tiba sudah dikirim dengan biaya murah. Kemudian otomatis diikuti dengan tingkat penjualan yang lebih bagus,” terangnya.

Dilayani-Tokopedia-5

Dalam kesempatan yang sama terkait jumlah penjual yang sudah bergabung dengan Dilayani Tokopedia, untuk saat ini belum bisa diungkap oleh Ekhel Chandra Wijaya selaku Head of External Communications Tokopedia.

“Jumlah penjual yang sudah memanfaatkan Dilayani Tokopedia maaf kita belum bisa memberikan angka spesifiknya tapi sejauh ini respon yang kita terima sangat positif dari penjual yang merasakan Dilayani Tokopedia. Sekali lagi memang penjual memiliki kesempatan yang sama untuk bisa merasakan Dilayani Tokopedia,” tutupnya.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link