Berbagai Macam Fitur Baru iOS 16 yang Bisa Bikin Pengaturan Lebih Personal

Fitur Baru iOS 16 - Header

CRCOID. – Berbagai macam fitur baru turut meluncur bersama sistem iOS 16 yang diperkenalkan pada acara Apple Worldwide Developer Conference (WWDC) pada tanggal 7 Juni 2022 kemarin.

Sistem operasi tersebut rencananya bakal didistribusikan dalam versi beta mulai Bulan Juli 2020 mendatang. Sementara untuk versi finalnya baru akan tersedia untuk semua pengguna setidaknya pada akhir tahun 2022.

Apple sayangnya mengkonfirmasi bahwa suksesor iOS 15 tersebut hanya akan mendukung perangkat-perangkat iPhone keluaran tahun 2017 atau yang lebih baru. Artinya, lini iPhone 8 bakal menjadi model paling lama yang mendukung sistem operasi baru tersebut.

Lewat iOS 16, Apple padahal memperkenalkan berbagai macam peningkatan dukungan yang cukup menarik. Termasuk di antaranya mulai dari layar kunci (lock screen) anyar, sistem yang lebih cerdas, hingga pengaturan privasi lebih baik.

Membawa jargon “Personality is Powerful” dalam perkenalannya, berikut penjelasan lebih lengkap mengenai beberapa fitur baru dari iOS 16 yang bakal membuat tampilan maupun pengaturan handphone menjadi lebih personal.

Fitur Baru iOS 16

Layar Kunci yang Bisa Dikostumisasi

Setelah kurang lebih delapan tahun sejak dirancang tanpa perubahan signifikan, kita akhirnya akan bisa mengatur tampilan layar kunci dan melakukan kostumisasi secara lebih personal lewat pembaruan sistem iOS 16.

Untuk pertama kalinya, sistem operasi iOS 16 bakal mengizinkan kita pengguna iPhone mengatur sendiri layar kunci perangkat dengan mengubah bentuk huruf (font) maupun warna jam yang ditampilkan sesuai selera.

Fitur Baru iOS 16 - 1

Kita juga bakalan diizinkan untuk menambahkan widget dari sejumlah aplikasi. Tampilan layar kunci pun dapat diubah-ubah sesuai apa yang dibutuhkan dengan mengusap layar mirip Watch Face di Apple Watch.

Baca Juga  Mobile Legends Bagi-bagi Gratis Emote dan Border Spesial Ramadhan

Letak notifikasi pun dipindahkan dari atas ke bagian bawah layar kunci untuk mempermudah kita berinteraksi dengan pemberitahuan-pemberitahuan penting seperti email, pesan iMessage, SMS, WhatsApp, hingga lain sebagainya.

Berkaitan dengan notifikasi ini, Apple pun menambahkan dukungan baru bernama Live Activities. Kita nantinya bisa menempelkannya ke layar kunci untuk memperoleh informasi mengenai skor pertandingan hingga melihat pengiriman makanan secara  lebih cepat.

Peningkatan Focus Mode

Dikembangkan sejak tahun 2021 kemarin, Focus Mode juga mendapatkan sejumlah peningkatan pada iOS 16 sehingga memungkinkan kita bisa lebih berkonsentrasi pada berbagai macam aktivitas yang sedang dikerjakan.

Fitur Baru iOS 16 - 2

Pada iOS 16, kita misalnya dapat menggunakan tampilan wallpaper berbeda-beda untuk setiap profil Focus Mode. Kita pun bisa menautkannya ke layar kunci sehingga widget yang terpasang nantinya akan lebih sesuai.

Pengaturan filter pada Focus Mode iOS 16 juga bisa dipakai untuk memblokir tab Safari, akun Mail, hingga acara di Calendar supaya tidak muncul di notifikasi dan mengganggu aktivitas yang sedang dikerjakan.

Fitur Baru Messages

Aplikasi Messages yang dipakai untuk menangani pesan iMessage antar iPhone maupun SMS jika komunikasi ke jenis perangkat lain kini juga memperoleh pembaruan mayor lewat iOS 16 dengan menghadirkan beberapa fitur anyar.

Fitur Baru iOS 16 - 7

Unsend dan Edit pada iMessage menjadi salah satu yang termasuk di antaranya. Sebelum lewat dari 15 menit, kita bisa menarik kembali pesan yang dikirim atau mengeditnya jika salah dengan menggunakan fitur ini. Di samping itu ada juga opsi Unread untuk menandai percakapan yang mau ditanggapi di waktu lain.

Dengan pembaruan iOS 16, kita di samping itu pun dapat beralih secara lebih lancar dari input suara ke sentuhan. Jadi kita bisa menambahkan teks atau memindahkan kursor tanpa perlu menghentikan pengetikan.

Baca Juga  Ada Versi Baru Aplikasi Xbox untuk PC, Kini Bisa Langsung Cek Komputer Dapat Mainkan Game atau Tidak

Kita juga dapat memulihkan pesan yang terhapus sebelum 30 hari. Kita juga bisa berkolaborasi dengan lebih baik karena aplikasi Messages pun memungkinkan pengiriman undangan serta pemberitahuan jika ada yang mengedit pekerjaan.

Pembaruan Mail

Dukungan email tertanam iOS pun memperoleh beberapa fungsi baru lewat sistem operasi anyar untuk iPhone tersebut. Termasuk di antaranya meliputi fitur penelusuran dan penjadwalan pengiriman email.

Oleh karena itu kita bisa lebih mudah untuk menemukan email penting di dalam layanan. Kita juga bisa membuat pesan yang dapat dikirimkan secara otomatis pada jadwal tertentu tanpa perlu membuka kembali aplikasi Mail.

Live Text Semakin Canggih

Bagi kamu yang belum tahu, Live Text merupakan fitur yang dapat memudahkan kita mendapatkan terjemahan atau salinan tulisan secara langsung dari gambar atau kamera tanpa perlu mengetikkannya secara manual. Fitur ini sendiri sudah ada sebelumnya namun kini semakin ditingkatkan.

Fitur Baru iOS 16 - 5

Di pembaruan iOS 16, fitur ini kini semakin canggih karena kita pun bisa memakainya untuk menerjemahkan sebuah teks dari video yang mana akan sangat membantu sekali bagi pelajar yang suka merekam proses pembelajaran. Ditambah lagi bisa dipakai juga menyalin tulisan-tulisan itu jika diperlukan.

Sistem Kecerdasan yang Ditingkatkan

Berbagai macam aplikasi di iOS 16 juga dilengkapi dengan sistem kecerdasan buatan yang ditingkatkan. Misalnya untuk foto kini bisa mendeteksi secara otomatis siapa saja orang-orang yang ada di dalamnya dan kemudian membagikannya ke mereka.

Fitur Baru iOS 16 - 3

Ada juga fitur seperti Visual Look Up yang bisa secara cerdas memotong subyek di dalam foto seperti hewan peliharaan, manusia, hingga benda tertentu yang mana bisa ditempel di gambar lain atau dijadikan sebagai stiker.

Pengaturan Family Sharing yang Lengkap

Bagi kita yang memakai fitur Family Sharing, dukungan dan setelan di dalamnya juga semakin lengkap. Di iOS 16 misalnya kita bisa lebih mudah mengatur batasan konten sesuai usia dan menanggapi permintaan Screen Time lewat Messages.

Baca Juga  Cara Mengatasi WhatsApp Terus Berhenti Jika Tidak Bisa Dibuka

Fitur Baru iOS 16 - 6

Sinkronisasi pengaturan Family Sharing pada iPad juga bisa dilakukan dengan lebih mudah karena iOS 16 memungkinkan kita melakukannya dengan mendekatkan iPhone ke perangkat terkait. Selain itu juga ada pengaturan Family Checklist yang dapat dipakai untuk membatasi konten supaya lebih aman untuk anak-anak.

Safety Check

Fitur baru bernama Safety Check juga meluncurkan bersama iOS 16. Kita bisa memakainya untuk memutus seluruh akses ke Messages atau akun lain yang sebelumnya pernah diberikan ke seseorang (seperti pacar).

Di dalamnya juga ada fungi reset darurat yang bisa mengeluarkan akun iCloud dari seluruh perangkat lain, mengatur ulang perizinan privasi, membatasi pesan hanya pada perangkat yang sedang digunakan, hingga berhenti berbagi lokasi.

Dukungan Baru untuk Maps

Bersama dengan iOS 16, Apple juga meningkat kemampuan aplikasi Maps. Kita misalnya diperbolehkan untuk menyimpan rute perjalanan terakhir di mana sebenarnya juga bisa dikirim melalui perangkat iPad maupun Mac.

Fitur Baru iOS 16 - 8

Maps di iOS 16 juga memiliki dukungan untuk menambah beberapa pemberhentian dalam sebuah rute yang akan ditempuh. Ditambah lagi kita pun dapat menggunakan Siri untuk melakukannya jika sudah berada dalam perjalanan.

Buddy Controller

iOS 16 juga menambah dukungan untuk beberapa game controller atau game pad. Termasuk di antaranya misalnya joycon dari Nintendo Switch maupun Nintendo Pro Controller yang sebelumnya hanya bisa dipakai secara terbatas sehingga bakal lebih nyaman saat bermain game-game tertentu.

Lewat iOS 16, kita juga bisa menambatkan dua controller sekaligus. Jadi kita nantinya bakalan bisa memainkan game multipemain secara lokal bersama-sama dengan kerabat atau sahabat dekat dalam satu perangkat pada game yang mendukung tentunya.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link