Inilah Fitur-Fitur Baru MacOS Ventura yang Wajib Diketahui!

Fitur Baru MacOS Ventura Header

CRCOID. – Setiap tahunnya Apple akan memperbarui MacOS untuk perangkat komputernya (MacBook, iMac, dan Mac) dengan menambah fitur baru, meningkatkan keamanan, hingga memperbaikan permasalahan yang muncul di generasi sebelumnya.

Pada ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2022 yang diselenggalarakan di Cupertino, California, Amerika Serikat, Apple secara resmi mengumumkan sistem operasi komputer MacOS terbaru bernama MacOS Ventura.

Dibandingkan versi sebelumnya, tentunya MacOS Ventura membawa beragam fitur terbaru seperti Passkeys, Continuity Camera, Stage Manager, Center Stage, Peningkatan Aplikasi Mail, dan lainnya. Apa saja itu? Ini penjelasannya secara singkat.

Fitur Baru MacOS Ventura

Passkeys

Passkeys MacOS ventura

Hadirnya fitur Passkeys membuat pengguna MacOS Ventura dapat memakai Touch ID atau Face ID ketika ingin login ke akun suatu situs secara terinkripsi sehingga lebih aman dibandingkan menggunakan password yang rentan diretas oleh orang tidak bertanggung jawab.

Continuity Camera

Continuity Camera

MacOS Ventura memberikan solusi dalam melakukan video apabila kualitasnya terasa kurang bagus saat menggunakan webcam dari MacBook maupun iMac. Hadirnya fitur Continuity Camera memungkinkan kamera dari iPhone difungsikan menjadi webcam.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, kamu harus mempunyai iPhone XR atau seri yang lebih baru. Continuity Camera dapat aktif secara nirkabel dimana kamu cukup mendekatkan iPhone dengan MacBook. Selanjutnya pada saat video call, input webcam bawaan secara otomatis berganti ke kamera iPhone.

Stage Manager

Stage Manager MacOS Ventura

Hadirnya fitur Stage Manager akan memudahkan pengguna MacOS Ventura dapat melakukan pekerjaan maupun tugas secara multitasking. Nantinya aplikasi yang sedang dibuka akan berada di pinggir layar sehingga mudah diakses ketika ingin berpindah aplikasi sedangkan aplikasi yang sedang aktif akan berada di tengah dengan berukuran besar.

Baca Juga  Redmi Note 11E 5G Dirilis dengan Dimensity 700, Harga Rp 2 Jutaan

Shared Tab Group Safari

Share Tab Group Safari

Fitur yang satu ini memungkinkan pengguna dapat membagikan tab di browser Safari yang sedang dibuka ke pengguna lain yang sedang aktif secara online. Dengan begitu, pengguna lain dapat melihat tab yang sedang dibuka secara langsung atau real time.

Center Stage

Center Stage MacOS Ventura

Pada saat fitur Continuity Camera aktif dan kamera iPhone menjadi webcam, maka Center Stage akan membuat tampilan video call pengguna tetap berada di tengah bingkai kamera walaupun pengguna melakukan pergerakan.

Peningkatan Aplikasi Mail

Mail MacOS Ventura

Aplikasi Mail di MacOS Ventura mendapatkan peningkatan pada fitur Search atau pencarian email yang kini akan memberikan hasil lebih akurat dan lengkap serta memberikan saran sebelum pengguna mulai mengetik.

Menariknya lagi, pengguna dapat melakukan penjadwalan email yang akan dikirim. Sementara apabila terjadi kesalahan pada email yang dikirim, pengguna dapat membatalkannya dengan mudah.

Handoff FaceTime

Handoff FaceTime

Pada MacOS Ventura, pengguna dapat memindahkan panggilan FaceTime antar perangkat, dimana misalnya menerima panggilan di iPhone dapat kemudian dipindahkan ke Mac, iPad ke Mac, Mac ke iPhone, iPhone ke iPad, dan lainnya.

Hal ini tentunya dapat membuat kamu lebih nyaman melakukan FaceTime pada perangkat yang tepat. Bahkan headset Bluetooth pun akan berpindah koneksi dari perangkat ke perangkat yang sedang menerima FaceTime.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link