Waspada! Beredar Penipuan Iklan Instagram Upgrade BCA Prioritas

Instagram

CRCOID. – Pengguna media sosial Instagram terutama nasabah Bank BCA tampaknya harus berhati-hati membaca iklan yang tersebar di anak perusahaan Meta itu.

Pasalnya, belakangan terdengar kabar bahwa ada iklan BCA Prioritas yang mengantongi izin untuk diposting di halaman Feed Instagram di mana bisa dilihat semua pengguna. Iklan BCA Prioritas ini ternyata memakan korban penipuan dengan total ratusan juta rupiah.

Seperti yang ramai dibicarakan di Twitter melalui akun @astridmokoginta pada tanggal 7 Juni 2022 kemarin. Melalui cuitannya itu, @astridmokoginta mengunggah foto terkait iklan BCA Prioritas yang diposting di bawah izin Instagram dan menjelaskan karena mengklik iklan tersebut adiknya terkena tipu senilai 118 juta.

Menurutnya, setelah iklan tersebut diklik kemudian dialihkan langsung ke nomor WhatsApp Bisnis Bank BCA. Namun, @astridmokoginta tidak menjelaskan lagi lebih detail lagi mengenai penyebab adiknya kehilangan uang dengan nilai tersebut.

Apakah karena mengisi data pribadi atau memberikan salah satu informasi penting dari akun BCA yang dimilikinya? Tentunya, kejadian tersebut menjadi pengingat bagi kita agar dapat berhati-hati memberikan informasi data pribadi yang berkaitan dengan keuangan.

Terkait kabar ini di kesempatan yang berbeda, Bank BCA menjelaskan kepada tim CRCOID. bahwa iklan BCA Prioritas yang mendapat izin tayang oleh Instagram adalah bukan di bawah naungan resmi pihaknya.

Bank BCA menghimbau bahwa nasabah agar lebih berhati-hati dengan berbagai penawaran yang muncul melalui media sosial. Tak hanya Instagram saja, nasabah juga perlu mewaspadai penawaran yang muncul melalui WhatsApp atau panggilan telepon.

Iklan-BCA-Prioritas-di-Instagram

Modus penipuan yang marak terjadi mengatasnamakan Bank BCA ini diketahui biasanya menawarkan BCA Solitaire dan Prioritas serta kartu kredit BCA atau ganti ke kartu chip. Apabila nasabah Bank BCA menemukan akun-akun palsu BCA di Instagram Ads ada beberapa langkah yang disarankan pihaknya.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan vivo X80 Pro – Punya Gimbal dan Lensa Telephoto

Selain melaporkan ke akun resmi Instagram BCA @GoodlifeBCA dengan cara melakukan Direct Message (DM) dan juga melaporkannya ke Instagram agar akun palsu tersebut segera diturunkan secepatnya.

Adapun cara melaporkan akun Instagram palsu baik yang iklan atau bukan dengan mencatut nama BCA, nasabah bisa mengklik tiga titik yang ada di pojok kanan atas pada postingan akun palsu BCA dan pilih ‘Report Ad’. Selanjutnya isi alasan pelaporan, misalnya iklan tersebut adalah scam atau terindikasi penipuan dan sebagainya.

Adrianus Wagimin selaku EVP Individual Customer Business Development BCA menyampaikan bahwa sebagai informasi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas merupakan suatu keanggotaan (membership) yang bersifat eksklusif dan undangan.

Edukasi-dari-BCA-di-IG

Oleh karena itu, menurutnya menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas, tidak hanya berdasarkan nominal deposito atau tabungan nasabah di BCA. “Jika kamu telah menjadi korban penipuan, silakan laporkan ke Halo BCA di 1500888 atau lewat Aplikasi HaloBCA. Yuk kita bersama-sama agar akun-akun palsu tersebut tidak kian merajalela mencari korban. Jika menemukan nomor telepon atau WhatsApp BCA palsu, segera laporkan ke Halo BCA di 1500888,’’ ujar Adrianus.

Perlu diketahui pula, Bank BCA hanya memiliki website resmi BCA yang mencakup www.bca.co.id dan https://prioritas.bca.co.id/ yang merupakan website dari BCA Solitaire dan Prioritas. Terdapat pula aplikasi Halo BCA, MyBCA, dan BCA Mobile. Jika nasabah menemukan nomor call center, website, aplikasi selain di atas, maka bisa dipastikan adalah palsu.

Sementara dari pihak Instagram sendiri, tim CRCOID. hingga kini belum mendapatkan konfirmasi terkait iklan BCA Prioritas yang diizinkan tayang. Bila ada jawaban dari pihak Instagram, maka tulisan ini akan tim CRCOID. perbarui segera.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.



Source link

Baca Juga  Peralihan ke Siaran TV Digital Berdampak pada 40 Juta TV Analog di Indonesia