Beginilah Cara Samsung Galaxy S22 Ultra 5G Digunakan Untuk Produksi Film

Samsung Galaxy S22 Ultra

CRCOID. – Melanjutkan program Galaxy Movie Studio (GMS) yang pertama kali diadakan tahun 2019, Samsung Electronics Indonesia di tahun 2022 kembali melahirkan sineas muda dalam ajang kompetisi film pendeknya yang hanya mengandalkan handphone Galaxy S22 Ultra 5G.

Ada sebanyak lima komunitas film yang telah berhasil masuk dalam GMS 2022. Adapun komunitas yang keluar menjadi pemenang dalam kategori Director’s Choice ialah Serangkai Films dengan film berjudul Seperti Sediakala.

Seperti Sediakala merupakan lanjutan dari film pendek berjudul Soulmate is a Strange Concept. Film pendek ini dibuat hanya dalam waktu sehari dengan menggunakan perangkat handphone Galaxy S22 Ultra 5G.

Kepada tim CRCOID., Anggita Puri selaku sutradara Seperti Sediakala sekaligus Co-Founder Serangkai Films pun menceritakan dibalik proses pembuatan film pendek tersebut dengan menggunakan perangkat Galaxy S22 Ultra 5G.

Anggita Puri mengungkapkan bahwa dalam proses pembuatan film Seperti Sediakala ia dan crew filmnya hanya menggunakan satu perangkat Galaxy S22 Ultra 5G saja. “Kita sebenarnya disediakan beberapa handphone cuma karena ingin efektif dan kebetulan baterainya memang tahan jadi kita nggak gonta-ganti. Tapi memang pas kita lagi nggak ngambil shot pasti kita charge tapi nggak banyak,” ujarnya.

Untuk pengambilan video sendiri, Anggita Puri mengaku bahwa timnya hanya mengambil video maksimal dua kali take atau pengambilan video karena baginya waktu yang terpenting di mana film pendek harus berdurasi 10 menit.

“Kita juga ada aktor kelas A seperti Reza Rahadian sebagai Kala dan Pevita Pearce sebagai Intan sehingga tim tidak perlu mengulang pengambilan video di lapangan,” tambahnya. Terkait penggunaan alat bantu, Anggita menjelaskan bahwa selama pembuatan film Seperti Sediakala hanya menggunakan tripod dan slider saja.

Baca Juga  PeduliLindungi Cegah Jutaan Orang Terpapar COVID-19 di 2021-2022

Galaxy-Movie-Studio-2022-3

Tripod diperuntukkan untuk mengambil video dengan kondisi tetap sedangkan untuk slider untuk memenuhi pengambilan adegan yang mengikuti aktor atau sebuah jalan cerita. Pemakaian slider ada pertama kali pada adegan pintu dan penonton seperti masuk ke dalam.

Galaxy S22 Ultra 5G sebetulnya mempunyai fitur Optical Image Stabilization (OIS) tetapi Anggita menjelaskan bahwa OIS bawaan tersebut bukan tidak bisa digunakan namun untuk memunculkan pergerakan yang lebih luwes dan pas sehingga pihaknya memilih menggunakan slider.

“Jadi salah satu contoh pas Intan keluar yang di ending scene itu kita pure hand held pakai tangan doang jadi dari situ memang cukup stabil. Dia menstabilkan gambar jadi emang kebutuhan visual saja,” terangnya.

Selain tripod dan slider, dalam pembuatan film Seperti Sediakala dengan Galaxy S22 Ultra 5G juga mengandalkan lampu namun tidak begitu banyak karena dari segi konsep film pendek tersebut menghadirkan pencahayaan yang minim dengan kesan remang-remang untuk mendapatkan suasana atau nuansa yang hangat.

Hal ini didukung oleh kamera Galaxy S22 Ultra 5G yang menggunakan sensor kamera 2.4um piksel yang bertugas untuk menangkap lebih banyak cahaya dan data untuk mengoptimalkan pencahayaan maupun detail gambar.

Seperti Sediakala direkam dengan perangkat tersebut dengan menggunakan Pro Video yang menyediakan pengaturan lebih lanjut seperti kecepatan shutter, tingkat ISO, fokus, dan white balance. Untuk proses pengeditan video, Anggita dan tim menggunakan aplikasi Adobe Premiere di komputer untuk peningkatan warna.

Sebagai tambahan informasi Seperti Sediakala sudah tayang perdana di YouTube Channel Samsung Indonesia. Film ini juga akan tayang di bioskop XXI Summarecon Serpong, Aeon Mall Sentul City, Kota Kasablanka, Ambarukmo Yogya, Plaza Senayan, dan Lenmarc mulai tanggal 14 Juni sampai 13 Juli 2022.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link

Baca Juga  2 Kura-kura Galapagos Berhasil Dikembangbiakkan di Kebun Binatang untuk Pertama Kalinya