Mau kuliah Jurusan Teknik Fisika, Ke UMN Aja

Apa Itu Jurusan Teknik Fisika ?
Apa Itu Jurusan Teknik Fisika ?

Mendengar kata-kata Fisika pastinya sebagian dari kalian berfikir Susah, Berat, banyak teori dan lain sebagainya. Tapi jangan salah, Jurusan Teknik Fisika tidak selalu membahas teori fisika aja loh tapi dalam jurusan ini juga mempelajari teknik mengaplikasikannya di dunia nyata.

Jadi jurusan teknik fisika ini tidak se-susah dan seberat yang dipikirkan bahkan ada banyak hal seru yang dapat kalian pelajari ketika mengambil jurusan ini.

Bagi kalian yang masih belum mengetahui tentang jurusan teknik fisika, pada artikel ini kami akan membahasnya mulai dari apa itu jurusan teknik fisika, mata kuliah teknik fisika, pilihan kampus teknik fisika hingga prospek kerjanya, jadi disimak terus ya.

Apa Itu Jurusan Teknik Fisika ?

Jurusan teknik fisika adalah jurusan keteknikan yang memadukan antara konsep engineering, matematika dan ilmu fisika untuk menghasilkan sesuatu yang kreatif serta inovatif. Bagi kalian yang mengambil jurusan ini akan dibekali kemampuan riset , pengembangan, perancangan serta analisa pada berbagai sistem fisis dan industri.

Jadi, jika kalian mengambil jurusan teknik fisika kalian tidak hanya belajar tentang teori fisika saja tapi kalian juga akan mempelajari tentang pemrograman, elektronika, sipik, kimia dan lain sebagainya. Selai hal tersebut, teknik fisika juga mempelajari hal lainnya seperti desain, perencanaan, konstruksi dan lain sebagainya.

Menjadi mahasiswa/i jurusan teknik fisika bakal memperoleh berbagai macam ilmu pengetahuan dasar mulai fisika, kimia serta matematika dan juga ilmu keteknikan yang membuat lulusan dari jurusan ini kaya akan ilmu serta wawasan yang luas.

Baca Juga  Raih Best in Industry 2021, Bukti ZAP Clinic Semakin Dipercaya

Lulusan dari teknik fisika dapat menganalisi berbagai permasalahan teknik berbasis ilmu teknik fisika dan berperan aktif dalam menyelesaikan permasalah di berbagai sektor industri.

Alasan Memilih Jurusan Teknik Fisika ?

Alasan Memilih Jurusan Teknik Fisika ?

Jurusan teknik fisika sangat cocok buat kalian yang tertarik pada bidang teknologi ataupun ilmu dasar seperti fisika, kima dan matematika. ditambah lagi saat ini perkembangan advanced technologies yang sangat cepat membuat kebutuhan akan lulusan teknik fisika ini semakin meningkat.

Lulusan Teknik Fisika dapat bekerja sebagai insinyur profesional dalam bidang instrumentasi, bidang tata udara, tata cahaya dan suara, bidang rekayasa sistem dan teknologi informasi dan lain sebagainya. Selain itu lulusan Teknik Fisika juga dapat bekerja sebagai dosen di perguruan tinggi, peneliti dan birokrat pada lembaga-lembaga pemerintah.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Fisika

Bagi kalian yang berminat mengambil jurusan teknik fisika tentunya ingin mengetahui apa saja sih mata kuliah dari jurusan ini. Untuk itu kami akan memberikan informasi apa saja mata kuliah yang akan kalian pelajari ketika mengambil jurusan ini. Adapun mata kuliah yang akan kalian dapatkan sebagai berikut :

  1. Matematika
  2. Fisika Dasar
  3. Kimia Dasar
  4. Pengantar Rekayasa & Desain
  5. Menggambar Teknik
  6. Teknologi Informasi
  7. Matematika Rekayasa
  8. Pemodelan Probabilitas dan Statistik
  9. Mekanika Material
  10. Termodinamika
  11. Rangkaian Listrik dan Elektronika
  12. Medan Elektromagnetik
  13. Teknik Komputasi
  14. Sistem Logika dan Digital
  15. Mekanika Fluida
  16. Fenomena Gelombang
  17. Konversi Energi
  18. Dinamika Sistem dan Simulasi
  19. Metoda Pengukuran
  20. Mekanika Kuantum
  21. Sensor dan Aktuator
  22. Transfer Kalor dan Massa
  23. Pemrosesan Sinyal
  24. Fisika Material
  25. Lingkungan dan Energi
  26. Kontrol Otomatik
  27. Teknik Akustik
  28. Desain Sistem Termal
  29. Etika Rekayasa dan Kerja Praktek
  30. Metoda Perancangan dan Eksperimen
  31. Manajemen Rekayasa Industri

Prospek Kerja Teknik Fisika

1. Industri Pembangkit Listrik

Setelah menyelesaikan studi jurusan teknik fisika, kalian berkesempatan menjadi salah satu bagian dari perusahaan yang bergerak pada bidang industri pembangkit listrik. Perusahaan seperti ini sangat membutuhkan lulusan teknik fisika.

Baca Juga  Mengenal Jasa Penerjemah Tersumpah Yang Sangat Penting Bagi Perusahaan

2. Dosen

Apabila mengajar merupakan panggilan jiwa, kalian bisa menjadi seorang tenaga pendidik atau dosen. Dengan syarat, kamu harus menyelesaikan studi pada jenjang lebih tinggi, yaitu S2.

3. Industri Alat Instrumen

Prospek kerja teknik fisika berikutnya adalah bekerja pada industri alat instrumen dan integrasi sistem. Pada bidang tersebut, kalian bisa meningkatkan potensi dengan memanfaatkan semua wawasan dan keahlian yang kamu peroleh selama kuliah.

4. Industri Rekayasa dan Konstruksi

Sebagai sarjana lulusan teknik fisika, prospek kerja yang menjanjikan berikutnya adalah dengan bekerja pada industri rekayasa dan konstruksi. Sehingga, bidang industri tersebut adalah wadah yang tepat untuk membuat rancangan bangunan seperti pabrik atau lainnya.

5. Staff BUMN

Bagi mahasiswa yang sudah lulus kuliah, BUMN adalah salah satu sasaran untuk berkarier. Setelah lulus menjadi Sarjana Teknik Fisika, kamu punya peluang cukup baik menjadi staff BUMN. Bagian yang tepat bagi lulusan teknik fisika adalah PLN, TELKOM, dan lainnya.

Rekomendasi Kampus dengan Jurusan Teknik Fisika

Setelah mengetahui berbagai hal terkait jurusan teknik fisika, tentunya kalian ingin mengetahui rekomendasi kampus terbaik dibidang teknik fisika pastinya. Untuk itu, kami sangat merekomendasikan kalian mendaftar di Universitas Multimedia Nasional ( UMN ) karena universitas yang satu ini memiliki fasilitas lengkap untuk jurusan teknik fisika.

Jadi tunggu apalagi, segera melakukan pendaftaran ke UMN melalui beberapa cara dibawah ini.

Yayasan Multimedia Nusantara
Universitas Multimedia Nusantara

Jl. Boulevard, Gading Serpong, Kel. Curug Sangereng, Kec. Kelapa Dua, Kab. Tangerang,
Prop. Banten, Indonesia
(T)+62-21.5422.0808
(F)+62-21.5422.0800
e-mail: marketing@umn.ac.id

Informasi Pendaftaran

Email : admisi@umn.ac.id
Format : nama, alamat, no.telp,
jurusan, dan keterangan