Buat Koneksi Lebih Aman di Reno7 Z 5G dengan VPN dan Private DNS

OPPO-Reno7Z-5G-Handson-Display

Kebutuhan orang dalam mengakses internet dari smartphone semakin tinggi dalam mencari informasi, permainan, pembelajaran, meeting, dan masih banyak lagi.

Hal inilah yang membuat kita harus waspada ketika sedang menggunakan akses internet agar handphone tidak mudah diserang atau disadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk itulah OPPO telah menghadirkan secara bawaan fitur VPN (Virtual Private Network) pada Reno7 Z 5G yang dapat diakses melalui aplikasi Settings. Bagi kamu yang belum mengetahuinya, VPN merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan koneksi yang aman dan terenkripsi ke jaringan lain melalui internet.

VPN sendiri memiliki tujuan untuk menjaga keamanan data, menyembunyikan aktivitas penjelajahan dari jaringan lokal, mengakses jaringan bisnis ketika bepergian dari jarak jauh, mengakses situs yang dibatasi atau diblokir di wilayah tertentu, mengunduh file dengan aman, dan masih banyak lagi.

Nantinya pada fitur VPN yang hadir di OPPO Reno7 Z 5G, kamu juga dapat memasukkan Private DNS yang merupakan sebuah fitur untuk memberikan perlindungan ketika kamu ketika sedang berselancar di dunia maya menggunakan koneksi internet.

OPPO-Reno7Z-5G-All

Biasanya ketika kita mengunjungi sebuah situs akan menggunakan nama domain atau URL (Uniform Resource Locator) seperti https://www.CRCOID..com untuk memudahkan kita dalam menghafalnya. Hal tersebut berbeda dengan komputer yang menggunakan IP Address atau alamat berupa angka untuk mengunjungi suatu situs.

Di sinilah DNS (Domain Name Server) berfungsi untuk mengubah URL menjadi angka IP Address agar komputer bisa memahami permintaan pengguna dalam mengunjungi sebuah situs yang diinginkan. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot untuk mengingat IP Address yang berupa angka tersebut.

Sementara itu agar fitur VPN dari OPPO Reno7 Z 5G dapat aktif dan berjalan dengan lancar, kita membutuhkan pengaturan dan alamat VPN dari beberapa penyedia terpercaya, baik berbayar maupun gratis. Dalam artikel ini, kita akan menggunakan pengaturan dan alamat VPN gratis dari penyedia VPN Gate yang sudah terpercaya.

Cara Menggunakan VPN di OPPO Reno7 Z 5G

Membuka Daftar VPN Server di VPN Gate

  1. Buka browser (Chrome) di OPPO Reno7 Z 5G
  2. Masuk ke situs VPN Gate melalui browser
  3. Pada halaman utama, pilih menu VPN Server List di bagian atas
  4. Nantinya kamu dapat melihat semua daftar alamat VPN Server di bagian Public VPN Relay Servers

Reno7-Z-5G-VPN-Gate

Memasukkan Alamat VPN di Fitur VPN

  1. Akses aplikasi Settings di handphone
  2. Pilih menu Connection & Sharing
  3. Pilih menu VPN di bagian Other pada halaman Connection & Sharing
  4. Tekan tombol Add berikon + di bagian kanan atas layar
    Reno7-Z-5G-VPN-Settings-1
  5. Pada Name masukkan nama judul koneksi yang diinginkan, misal VPNGateGratis, pilih L2TP/IPSec PSK di VPN type, masukkan alamat IP Address dari VPN Gate ke Server address, dan ketik vpn pad IPSec Pre-Shared Key
  6. Setelah semua diisi, maka tekan tombol Done berikon Checklist di bagian kanan atas layar
  7. Kamu akan kembali ke halaman VPN dan melihat bahwa nama koneksi Server VPNGateGratis telah muncul di bagian Configure
    Reno7-Z-5G-VPN-Settings-2-fix

Menggunakan VPN untuk Berselancar

  1. Pada halaman VPN, pilih koneksi VPNGateGratis di bagian Configure
  2. Pada menu pop-up Connected to VPNGateGratis, ketik vpn pada Username dan Enter password
  3. Setelah semua diisi, tekan tombol Connect
  4. Apabila koneksi telah sukses, maka tulisan Connected akan muncul di bawah VPNGateGratis
  5. Ikon VPN pun akan muncul pada Status Bar di bagian atas layar OPPO Reno7 Z 5G

Reno7-Z-5G-VPN-Settings-3

Untuk mengujinya, kamu dapat mengunjungi situs yang telah diblokir oleh operator di Indonesia. Dalam tutorial ini telah dicoba untuk mengunjungi situs Reddit dan Vimeo. Hasilnya semua situs dapat terbuka dan berjalan dengan baik.

Baca Juga  10 Pemain dengan Jumlah Kill Terbanyak di MPL S4 hingga S9, Celiboy Peringkat Satu

Perlu dicatat bahwa jika kamu memilih Save account info pada menu pop-up Connected to VPNGateGratis, maka nantinya Username dan Enter password akan terisi vpn yang telah dimasukkan setiap kali akan menggunakan fitur VPN diaktifkan.

Sementara untuk mematikan fitur VPN pada Reno7 Z 5G, kamu masuk ke VPNGateGratis di bagian Configure ketika sedang aktif dan dapat menekan tombol Disconnect untuk menonaktifkannya.

Reno7-Z-5G-VPN-Settings-Disconnect

Bisa dibilang pengaturan dan alamat dari VPN Gate mudah digunakan oleh pengguna awan sekalipun. Apalagi fitur untuk memasukkan alamat VPN sendiri sudah tersedia secara bawaan di OPPO Reno7 Z 5G.

Namun apabila kamu tidak ingin melakukan pengaturan seperti ini secara manual, sebenarnya kamu juga dapat mengunduh aplikasi VPN gratis terpercaya seperti 1.1.1.1 atau Intra yang dapat diunduh dari Google Play Store.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link