Tokopedia Gandeng Komunitas Perajin Dekranasda DKI Jakarta Ajak Masyarakat Beli Produk Lokal

Tokopedia-1

CRCOID. – Menyambut HUT ke-495 DKI Jakarta yang jatuh tanggal 22 Juni 2022, Tokopedia berkolaborasi dengan Dekranasda DKI Jakarta meluncurkan toko JakArtisan. 

Kanal penjualan ini berisi sejumlah UMKM lokal baik itu pengrajin individu dan pengusaha kerajinan yang telah bergabung ke dalam komunitas perajin Dekranasda DKI Jakarta. Komunitas kerajinan tersebut juga menjadi wadah pengembangan produk kerajinan unggulan yang berkualitas sebagai ikon kota Jakarta.

Di dalam komunitas Dekranasda DKI Jakarta, para pengrajin dan pengusaha yang tergabung mendapatkan bimbingan dan pengembangan potensi bisnis produk masing-masing pengusaha. Kerja sama ini merupakan bagian dari inisiatif Tokopedia dalam gerakan Hyperlocal untuk memberikan panggung seluas-luasnya bagi UMKM DKI Jakarta.

Selain menghadirkan toko JakArtisan oleh Dekranasda DKI Jakarta, Tokopedia juga menggelar pelatihan UMKM Kelas Maju Digital hingga pameran daring produk UMKM DKI Jakarta Jumat Beli Lokal yang disiarkan setiap Jumat di Tokopedia Play.

Adapun salah satu perajin yang ikut serta di dalam toko JakArtisan adalah Dakara Indonesia. Dakara Indonesia sendiri merupakan gabungan perajin dari ibu-ibu rusun untuk melestarikan tenun modern.  Para perajin dari Dakara Indonesia berhasil membuat tenun ikat dan lurik menjadi tenun yang modern agar bisa diminati oleh anak muda.

Ayu Purnama selaku Pemilik Dakara Indonesia menceritakan bahwa sejak awal pandemi pihaknya telah mulai bergabung di Tokopedia karena toko fisik harus tutup.

“Saya juga mengajak ibu-ibu yang tinggal di rumah susun untuk membuat masker, tas pinggang, obi dan lain-lainnya. Sedangkan kami menggandeng penjahit rumahan untuk memproduksi outer, blouse, celana hingga tunik bersama Dakara agar mereka bisa tetap menjaga ekonomi keluarga,” ujarnya.

Untuk mendongkrak penjualan, Dakara Indonesia pun mencoba mengikuti berbagai kampanye Tokopedia seperti Waktu Indonesia Belanja (WIB), Cantik Fest, dan Women in Style di Tokopedia. Omzet yang didapatkan Dakara Indonesia dari Tokopedia pun berhasil meraup sebesar 90 persen dari total keseluruhan penjualan.

Baca Juga  Gratis Keyboard dan M-Pencil, HUAWEI MatePad Pro Resmi Bisa Dipesan di Indonesia

Tren-belanja-DKI-JKT

Bersamaan dengan perayaan hari jadi DKI Jakarta, Tokopedia juga membagikan beberapa pencapaiannya. Kategori paling laris sepanjang kuartal dua tahun 2022 di Jakarta adalah makanan dan minuman, kesehatan, rumah tangga, elektronik dan otomotif. Selain itu ada baju pangsi, blangkon Betawi dan sabuk adat Betawi.

Pada acara Jumat Beli Lokal, Tokopedia mengklaim bahwa terjadi lonjakan jumlah pengunjung atau views  di Tokopedia Play mencapai hampir 5 kali lipat di kuartal dua tahun 2022 dibandingkan ketika acara disiarkan pertama kali di tahun 2021.

Sementara itu, pada kuartal dua tahun 2022, lokasi Jakarta Selatan memiliki peningkatan jumlah penjual tertinggi dan Jakarta Timur memperoleh peningkatan pembeli dan transaksi tertinggi.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link