Kenapa Layar OLED Menguning Atau Ada Garis dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Kenapa Layar OLED Menguning Atau Ada Garis dan Cara Mencegahnya - Header

CRCOID. – Selain burn-in yang sering terjadi, layar dengan tipe OLED (termasuk AMOLED) juga rentan mengalami masalah lain seperti tampilannya menguning atau ada garis yang muncul secara tiba-tiba.

Kedua masalah panel OLED ini umumnya akan terjadi ketika handphone sudah berumur lumayan lama. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bisa juga menyerang perangkat-perangkat yang masih baru.

Yang menjadi pertanyaan, kenapa masalah-masalah tersebut bisa menyerang layar OLED? Lalu apakah ada cara untuk mencegahnya atau tidak?

Kenapa Layar OLED Bisa Menguning?

Pengaturan Warna

Pada dasarnya, layar OLED memang mempunyai warna yang lebih warm (kekuningan) dibandingkan dengan beberapa tipe lainnya. Kita bisa jadi perlu penyesuaian jika sebelumnya memakai handphone dengan panel seperti IPS atau TFT LCD.

Kita untungnya bisa mengatasi hal ini dengan sedikit memainkan pengaturan warna di handphone sebagai solusi. Perangkat-perangkat baru saat ini biasanya dilengkapi dengan opsi setelan khusus yang bisa dipakai untuk melakukan hal tersebut.

Masing-masing handphone hanya saja mempunyai antarmuka yang berbeda. Jadi jika diperlukan, kita bisa mencari tahu cara mengatur setelan warna dari perangkat terkait di halaman dukungannya atau internet.

Mode Malam

Beberapa handphone juga dilengkapi dengan mode malam yang bisa menyalakan filter untuk cahaya biru secara otomatis. Tujuannya untuk melindungi mata pengguna saat menggunakan perangkat di kondisi gelap supaya tidak mudah lelah atau bahkan sakit.

Hanya saja saat mode ini aktif, tampilan layar memang akan berubah menjadi lebih kekuningan dari kondisi normal. Hilangnya cahaya biru membuat campuran warna hijau dan merah menjadi semakin dominan yang mana membuat layar menjadi lebih kekuningan.

Baca Juga  Permintaan Tebusan Ransomware Naik Tajam di 2021

Jika layar OLED menguning hanya pada waktu yang terjadwal, kemungkinan mode malam ini aktif. Kita bisa mengecek dan mematikannya dari pengaturan handphone di mana masing-masing perangkat tentu memerlukan langkah berbeda.

Warna kuning yang muncul biasanya terbilang cukup pekat sehingga sanaget berbeda sekalia antara mode malam yang aktif atau memang layar bermasalah. Namun tidak ada salahnya untuk memastikan mode malam memang aktif atau tidak.

Penurunan Kemampuan

Bagi kamu yang belum tahu, panel OLED menggunakan LED dari material organik untuk memproduksi gambar. Kemampuannya pun bisa terus menurun seiring berjalannya waktu, tidak seperti komponen sintetis yang jauh lebih awet.

Penurunan kemampuan ini salah satu di antaranya bisa menjadi penyebab kenapa layar OLED menjadi punya warna yang menguning. LED untuk warna biru biasanya mempunyai usia pakai lebih singkat akibat intensitas yang lebih tinggi sehingga mudah meredup dari pada LED hijau dan merah.

Menggunakan handphone dengan tingkat kecerahan serendah mungkin dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Dengan melakukan hal tersebut, LED bakalan bekerja lebih ringan dalam memancarkan cahaya.

Kenapa Layar OLED Bisa Ada Garis?

Selain tingkat kecerahan dan produksi warna yang lebih baik dengan adanya sumber cahaya di seluruh bagian panel, layar OLED juga menawarkan ukuran yang jauh lebih tipis dibandingkan panel-panel yang umum dipakai sebelumnya.

Dengan ukuran yang lebih tipis ini, panel OLED pun cenderung lebih mudah untuk dilenturkan misalnya untuk membuat layar bersisi melengkung. Hanya saja tingkat risiko terjadinya kerusakan piksel juga jauh lebih tinggi.

Salah satu kerusakan yang bisa terjadi akibat pembengkokan panel ini merupakan adanya garis yang muncul di dalam layar. Biasanya garis yang muncul terlihat memanjang dari atas ke bawah dengan warna merah muda sehingga sering kali disebut pink line.

Baca Juga  Samsung Galaxy A33 5G dan A53 5G Meluncur, Ini Spesifikasinya

Pink line sendiri biasa disebabkan oleh piksel yang rusak. Suhu tinggi hingga benturan dapat mendorong kemunculannya secara lebih cepat. Jadi kita perlu berhati-hati saat menggunakan handphone dengan layar OLED karena ada banyak hal yang perlu perhatikan.

Menjaga temperatur saat pemakaian handphone (misalnya berhenti bermain game jika sudah perangkat terlalu panas), menggunakan perangkat di suhu normal, hingga memasang lapisan pelindung yang tahan banting dapat menjadi beberapa alternatif untuk mencegahnya.

Di samping itu semua, permasalahan yang muncul pada layar OLED seperti garis bisa saja terjadi karena memang kesalahan produksi sehingga kamu perlu mencari tahu juga apakah ada pengguna yang mendapatkan masalah serupa. Jika memang begitu, biasanya vendor akan memberikan solusi bagi pengguna yang mengalaminya.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link