Ada Kebocoran Data Email Pengguna OpenSea, Hati-Hati Phishing

OpenSea-Header

CRCOID. – Marketplace NFT OpenSea dikabarkan tengah menjadi korban pembobolan data yaitu pada salah satu vendor layanan emailnya yang bernama Customer.io. Diketahui seorang karyawan Customer.io telah mengunduh dan membagikan alamat email akun pengguna OpenSea dan pelanggan newsletter ke pihak ketiga yang tidak resmi.

Dalam keterangan resmi melalui situs blog OpenSea, Cory Hardman selaku Head of Security OpenSea menginformasikan kepada seluruh pemilik akun OpenSea dan pelanggan newsletter bahwa kemungkinan besar email mereka menjadi korban dari alamat email yang mengalami kebocoran data.

Pihaknya pun saat ini bekerja sama dengan mitra layanannya, Customer.io, untuk melakukan penyelidikan dan telah melaporkan kejadian ini ke penegak hukum.

Cory juga menghimbau pengguna OpenSea agar tetap waspada terhadap email pishing dan upaya penipuan lainnya terutama yang meniru atau mengatasnamakan email OpenSea contohnya seperti opensae.io, opensea.org, dan opensea.xyz. Email yang resmi adalah yang berasal dari domain opensea.io.

Selain lebih waspada terhadap alamat email yang mencurigakan, OpenSea juga menyarankan penggunanya untuk tidak sembarangan mengunduh lampiran atau mengklik tautan dari email OpenSea.

Pengguna juga disarankan untuk tidak melakukan transaksi dompet secara langsung dari email atau membagikan atau juga mengonfirmasi frasa dompet rahasia. Apabila pengguna menemukan email yang mencurigakan yang berasal dari OpenSea maka bisa melakukan pelaporan melalui support.opensea.io.

Di sisi lain, pihak Customer.io melalui laporan TechCrunch mengatakan pegawainya telah menyalahgunakan akses untuk tindakan tertentu ke OpenSea dan setelah kejadian itu akses pegawai yang bersangkutan telah diambil alih dan memberikan penangguhan masa kerja.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link

Baca Juga  Poco Ikut Berpameran di Jakcloth 2022