Google Docs Kini Dukung Fitur Tanda Tangan Elektronik Untuk Dokumen Penting

Google Workspace Sign

CRCOID. – Setelah memberi pembaruan berupa pengeditan dalam Google Workspace secara offline, kini Google kembali menghadirkan fitur baru lainnya yang memungkinkan pengguna bisa membubuhkan tanda tangan di dalam dokumen penting yang mereka buat.

Berdasarkan keterangan tertulis yang disampaikan oleh Google melalui situs blog resminya, tanda tangan elektronik atau eSignature ini akan segera hadir dalam versi Beta untuk Google Workspace baik pengguna individu maupun bisnis.

Pihak Google mengatakan bahwa tanda tangan elektronik sengaja dikeluarkannya untuk memenuhi kebutuhan pengguna khususnya di kalangan bisnis yang semakin nyaman menggunakan Google Docs di mana pun untuk keperluan membuat dokumen penting tanpa menggunakan aplikasi seperti Microsoft Office.

Biasanya untuk menandatangani dokumen penting atau surat perjanjian antar dua belah pihak, pengguna harus mencetak dokumen terlebih dahulu dari Google Docs melalui mesin pencetak atau printer. Hal ini tentunya akan memakan banyak waktu dan peralatan lain seperti kertas hingga tinta.

Kini pengguna bisa langsung menuliskan tanda tangan elektronik secara langsung dari dokumen mereka yang telah dibuat tanpa harus mengunduhnya. Tombol tanda tangan elektronik atau eSignature pada Google Docs bisa ditemui dengan milih menu add a fields to request yang berada di sisi kanan dokumen.

Setelah itu, menu eSignature fields akan muncul yang memperlihatkan dua menu lainnya terdiri dari Signature dan Date signed. Pengguna bisa memilih Signature untuk memasukkan tanda tangan resmi miliknya.

Selain itu, pengguna juga bisa menyematkan tanggal penandatanganan melalui pilihan tombol Date signed. Namun jika pengguna individu maupun bisnis sudah berkolaborasi dengan penyedia tanda tangan elektronik tertentu maka menurut Google bisa dihubungkan ke Google Docs.

Google Workspace Sign 02

Setelah surat perjanjian dibuat dengan tanda tangan elektronik satu pihak, dokumen bisa dikirim melalui email ke pihak lainnya. Pengguna juga bisa memantau status tanda tangan yang tertunda dan menemukan kontrak yang sudah selesai atau sudah ditandatangani.

Baca Juga  Samsung Galaxy M13 5G Vs Galaxy M13 4G – Punya Jagoan Spesifikasi Sendiri-Sendiri

Jika masih kurang, pengguna pun bisa melakukan pengeditan surat perjanjian secara langsung di dalam Google Docs dengan sistem kolaborasi bersama pihak lain. Termasuk di dalamnya pengguna bisa memberikan komentar dan saran sehingga tidak perlu mengekspor file untuk mengirim draf kontrak melalui email.

Setelah menyelesaikan dokumen perjanjian, pengguna bisa meminta tanda tangan dengan berbagi ke klien lewat Google Drive. Soal keamanannya, eSignature yang disediakan di dalam Google Docs ini diklaim aman sehingga tanda tangan pengguna mendapatkan perlindungan data informasi pribadinya sekaligus untuk menjaga privasi mereka.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link