Cara Mengaktifkan Fitur Pesan Sementara di WhatsApp Agar Chat Hilang Otomatis

WhatsApp Feature Diagonal

CRCOID. – WhatsApp memiliki fitur pesan sementara lewat status WhatsApp yang mana akan membuat pesan menghilang secara otomatis.

Namun fitur ini tidak akan memengaruhi pesan yang dikirim atau diterima di chat sebelum fitur pesan sementara dinyalakan sehingga hanya untuk pesan selanjutnya saja.

Fitur pesan sementara pun dapat diaktifkan untuk chat personal maupun chat grup sesuai dengan kebutuhan. Hanya saja khusus untuk admin grup bisa mengubah setelan grup agar hanya admin yang dapat menyalakan atau mematikan fitur pesan sementara.

Fitur pesan sementara sendiri telah menghadirkan dua pilihan durasi meliputi 24 jam, 7 hari, atau 90 hari. Setelah melewati waktu yang ditentukan, pesan tersebut akan hilang dari chat. Fitur pesan sementara ini memang dihadirkan untuk memberikan keamanan data privasi kepada pengguna.

Kamu yang merasa fitur ini cukup bermanfaat, untungnya kamu dapat mengaktifkan dan mematikan fitur pesan sementara dengan sangat mudah baik itu untuk setiap ruang chat, kontak, maupun grup.

Cara Mengaktifkan Fitur Pesan Sementara di WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Ketuk ikon tiga titik di sisi pojok kanan aplikasi pada layar.
    Fitur-pesan-sementara-1
  3. Ketuk opsi Setting atau Pengaturan.
    Fitur-pesan-sementara-2
  4. Ketuk tombol pesan sementara.
     Fitur-pesan-sementara-3
  5. Lihat bagian Timer Pesan atau Message Timer.
  6. Pilih durasi pesan sementara yang akan dihapus secara otomatis
    Fitur-pesan-sementara-4.

Untuk menonaktifkan fitur pesan sementara bisa ketuk tombol Off pada pilihan. Fitur pesan sementara juga bisa diatur melalui masing-masing nomor kontak atau ruang chat. Caranya kurang lebih hampir sama, pengguna hanya langsung memilih nama kontak atau grup dan mengetuk di sebelah foto profil.

Kemudian gulir ke bawah dan pilih fitur pesan sementara dengan ikon timer di samping serta pilih durasi waktu hapus pesan otomatis sesuai keinginan. Setelah itu, pengguna bisa mengetuk tombol kembali atau menutup aplikasi WhatsApp dan fitur pesan sementara akan terpasang.

Baca Juga  Review Xiaomi 12 Pro: Spek Tinggi, Kamera Mumpuni

Hadirnya fitur pesan sementara tentu menambah variasi yang bisa dimanfaatkan saat tengah bertukar pesan bersama kerabat. Fitur ini memungkinkan informasi penting yang tidak ingin disimpan untuk menghilang secara otomatis tanpa harus repot menghapusnya secara manual.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link