Kenapa Harus Menggunakan Asuransi Mobil ?

Siapa sih yang gak tau asuransi, di Indonesia sendiri memiliki banyak sekali jenis asuransi dan salah satunya adalah asuransi mobil. Asuransi mobil sendiri belakangan makin banyak digunakan loh, Bagi kalian yang masih belum mengetahui tentang manfaat serta pentingnya menggunakan asuransi mobil pada artikel ini kami akan memberikan informasinya.

Apa itu Asuransi Mobil ?

apa itu asuransi mobil
Apa Itu Asuransi Mobil

Asuransi mobil adalah jenis asuransi yang di khususkan untuk kendaraan roda 4 atau mobil, dimana resiko yang kemungkinan terjadi dari kendaraan mulai dari kerusakan ringan, kerusakan berat hingga kehilangan akan dialihkan kepada perusahaan asuransi.

Jenis Jenis Asuransi Mobil

Asuransi mobil sendiri terdiri dari dua pilihan jenis pertanggungan yaitu Total Loss dan All Risk. Lantas bapa perbedaan diantara keduanya? berikut penjelasannya.

Asuransi TLO

Sesuai namanya, asuransi TLO (Total Loss Only) merupakan asuransi yang memberikan perlindungan pada mobil dari risiko kehilangan.

TLO menjamin risiko akibat pencurian dan kerusakan jika biaya perbaikan diperkirakan sama dengan atau melebihi 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian.

Kehilangan mobil akibat pencurian oleh oknum yang tidak bertanggung jawab juga dinilai kerusakan total, sehingga asuransi TLO akan menanggung kerugian atas kehilangan tersebut.

All risk / comprehensive

Berbeda dengan TLO, pemilik mobil baru cenderung menggunakan asuransi comprehensive atau dikenal dengan all risk.

Asuransi jenis ini melindungi mobil lebih menyeluruh dari beragam kerusakan. Mulai kerusakan minor, seperti baret halus, penyok, atau kerusakan kecil lain, hingga kerusakan besar, seperti tabrakan yang mengakibatkan bodi mobil berubah bentuk atau pencurian mobil, semuanya itu dapat ditanggung asalkan sesuai dengan yang tertulis di dalam polis.

Baca Juga  Cara Mudah Beli Asuransi Online 2021 Terbaik dan Terpercaya

Tak sekadar perlindungan bagi diri sendiri dari objek bergerak di sekitar, asuransi jenis comprenhensive dapat melakukan perluasan perlindungan yang lebih menyeluruh.

Perluasan tersebut mencakup kemungkinan terkena bencana alam seperti banjir atau gempa, kerusakan mobil yang diakibatkan kerusuhan atau aksi huru hara, hingga tanggung jawab pihak ketiga bila penyebab kecelakaan mengakibatkan pengendara lain terluka.

Kenapa Harus Menggunakan Asuransi Mobil ?

Memiliki asuransi mobil menjadi kebutuhan wajib bagi pemiliknya. Hal tersebut tak lepas dari kondisi lalu lintas yang semakin padat dengan risiko mobilitas tinggi, membuat pemilik mobil seringkali merasa khawatir, baik saat kendaraan ditinggal di rumah, di tempat kerja maupun saat digunakan.

Pada dasarnya, asuransi mobil menjadi solusi untuk mengatasi rasa khawatir sang pemilik. Pasalnya, meski Anda telah mengemudi dengan baik, kita tidak pernah dapat memprediksi apa yang akan terjadi sepanjang perjalanan.

Selain itu menggunakan asuransi mobil memiliki beberapa manfaat diantaranya :

1. Memiliki Jaminan Perlindungan Kendaraan

Kerugian pasti akan didapatkan ketika terjadi kecelakaan atau pencurian. Asuransi akan menjadi jaminan pemilik mobil supaya tidak mengalami kerugian yang berlebihan. Misalnya mobil mengalami kecelakaan dan rusak parah. 

Asuransi bisa meringankan biaya perbaikannya. Manfaat ini memang tidak Anda rasakan langsung, tetapi akan sangat membantu di kemudian hari. 

2. Membantu Perencanaan Keuangan 

Manfaat asuransi mobil selanjutnya adalah saat mengalami kerusakan Anda tidak perlu menguras tabungan untuk biaya perbaikan. Dengan begitu ada perencanaan keuangan sebelumnya yang sudah disusun dengan baik. 

Jadi keuangan Anda di bulan-bulan berikutnya setelah terjadi kerusakan mobil tidak akan terganggu. Anda bisa mengandalkan asuransi untuk mengcover biaya tinggi yang dikeluarkan. 

3. Menciptakan Rasa Aman

Anda sebagai pemilik mobil tentu saja tak perlu was-was lagi ketika harus berkendara sepanjang hari bahkan sampai ke luar kota. Anda bisa tetap berhati-hati berkendara dengan perasaan yang lebih aman. 

Karena Anda sudah memiliki perlindungan yang akan membantu kapan saja terjadi masalah pada mobil. 

Baca Juga  Buka Tabungan BNI Cukup Selfie, Dapat Bonus 4600 BNI POIN+ Lagi

4. Bentuk Sarana Investasi

Asuransi mobil juga menjadi peluang untuk berinvestasi atau aktivitas menabung yang baik untuk masa depan. Mobil yang dilengkapi dengan asuransi memiliki standar tinggi karena semua komponen nya sudah terjaga. 

Apabila Anda ingin menjual mobil lengkap dengan asuransinya, maka daya jualnya akan lebih tinggi. Anda tidak perlu takut merasa rugi menjualnya. 

5. Mendapatkan Beberapa Layanan Tambahan

Hampir semua jenis asuransi mobil memberikan beberapa pelayanan tambahan kepada nasabahnya. Layanan ini seperti garansi servis di bengkel sampai fasilitas hotline yang bisa dihubungi 24 jam jika ingin klaim asuransi. 

Layanan tambahan ini biasanya sering jadi bahan pertimbangan ketika Anda harus memilih asuransi mobil. Jadi pastikan untuk membaca secara teliti apa saja fasilitas yang akan Anda dapatkan dari asuransi tersebut.

Tips Memilih Asuransi Mobil

Bagi kalian yang belum pernah menggunakan asuransi mobil dan ingin menggunakannya, maka kami memiliki beberapa tips dalam memilih asuransi mobil, diantaranya :

Perusahaan Terpercaya

Selain menyiapkan budget Anda juga perlu mengetahui perusahaan asuransi kendaraan. Daripada asal pilih sekarang Anda bisa mengetahui perusahaan kendaraan dengan cara mudah. Salah satunya lewat Asuransi Mobil di duitpintar.com, di sini Anda bisa mengetahui seluruh informasi mengenai perusahaan asuransi kendaraan dengan cara yang mudah. Tak berhenti sampai di sana, Anda juga bisa loh membandingkan premi dari tiap perusahaan asuransi mobil. Jadi Anda bisa mendapatkan yang terbaik untuk proteksi kendaraan pertama.

Jaringan Bengkel yang Luas

Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi pilihlah asuransi kendaraan yang memiliki jaringan bengkel yang luas. Alasannya hal ini bisa memudahkan Anda ketika terjadi kejadian gawat darurat. Memilih jaringan bengkel yang luas juga memungkinkan Anda mendapatkan pelayanan terbaik kapan pun dimana pun.

Pilih Produk Asuransi yang Sesuai

Jenis asuransi kendaraan umumnya dibagi dua yaitu All Risk atau Total Loss Only. Sederhanya perbedaannya terletak di besaran jaminan ganti rugi. Rata-rata asuransi kendaraan Total Loss Only hanya akan menjamin kerusakan atau kerugian hingga 75% saja, sedangkan All Risk menjamin hampir semua kerugian ataupun kehilangan.

Baca Juga  Asuransi Mobil 2021 All risk

Sebelum memutuskan menggunakan jenis asuransinya, Anda perlu mengetahui dulu apa kebutuhan dasar proteksi kendaraan. Pertama, lakukanlah pengecekan pada mobil mulai dari mesin hingga interior ataupun eksterior. Kedua, pertimbangkan mobilitas serta dimana Anda tinggal. Jika tempat Anda tinggal rawan bencana alam maka Anda perlu proteksi kendaraan ekstra.

Perhatikan Kontrak Kerja sama

Istilah-istilah yang ada di dunia asuransi memang tidak mudah dipahami. Tapi, Anda perlu mengetahui beberapa istilah dasar untuk memahami isi kontrak kerjasama dengan perusahaan asuransi. Perhatikan juga polis asuransi kendaraan yang Anda terima. Jangan lupa mengecek detail apa saja jenis kerusakan atau kerugian yang ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi.

Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Walaupun asuransi sifatnya proteksi, Anda tetap harus memperhatikan kemampuan finansial. Setelah mengetahui kebutuhan dan produk asuransi yang paling tepat, Anda harus mulai berpikir perihal premi asuransi kendaraan.

Jika Anda membutuhkan proteksi penuh, maka premi asuransi kendaraan yang perlu Anda bayarkan pasti terasa lebih mahal. Untuk menghindari hal seperti ini tentu saja Anda perlu benar-benar tahu apa kebutuhan proteksi kendaraan yang dibutuhkan.

Rekomendasi Perusahaan Asuransi Mobil

asuransi mobil duitpintar
asuransi mobil duitpintar ( gambar screenshoot website duitpintar.com )

Setelah kalian mengetahui beberapa hal terkait asuransi mobil hingga tipsnya, tentunya kalian juga akan bertanya dimana sih atau perusahaan mana yang terpercaya untuk pembelian asuransi mobil. Untuk itu kami sangat merekomendasikan kalian membeli produk asuransi hanya di duitpintar.com.

Karena, dengan memilih duitpintar.com kalian dapat memilih serta membandingkan beberapa produk asuransi mobil dari perusahaan yang berbeda, selain itu kalian juga dapat melihatrincian dari produk asuransi setiap perusahaan dan mendapatkan keuntungan lainnya.

Selain asuransi mobil, duitpintar.com juga membahas banyak sekali informasi serta tips mengenai mobil pada situsnya dimana salah satunya duitpintar membahas mengenai ganti plat mobil & biayanya yang tentunya sangat bermanfaat sekali bagi kalian.

Jadi pastikan memilih duit pintar ketika kalian ingin membeli asuransi mobil untuk kendaraan kesayangan.