Cara Set Saluran WiFi di Komputer Windows Hanya 5GHz atau Lainnya

Cara Set WiFi Windows Hanya 5GHz atau Lainnya - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

CRCOID. – Kita dapat mengeset pengaturan WiFi di komputer berbasis sistem operasi Microsoft Windows menjadi hanya 5GHz jika ingin mendapatkan pengalaman yang lebih baik saat berselancar di internet.

Jaringan WiFi 5GHz soalnya menawarkan dukungan koneksi dengan kecepatan transfer lebih baik. Gangguan interferensi dari gelombang lain pun jauh lebih rendah karena belum banyak perangkat yang beroperasi di frekuensi tersebut.

Walaupun sebagai gantinya, jaringan WiFi 5Ghz memang sedikit lebih lemah ketimbang 2,4GHz yang masih sangat umum digunakan dalam hal kemampuan penetrasi halangan. Jadi secara teknis mempunyai cakupan area transmisi yang cukup terbatas.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan jaringan WiFi 5GHz, kita untungnya bisa dengan mudah mengubah mode sambungan ke frekuensi yang ingin digunakan jika menggunakan komputer berbasis Windows.

Selama perangkat mendukung jaringan WiFi 5 atau frekuensi yang diinginkan, kita bisa melakukannya secara langsung melalui Devices Manager. Kamu yang belum tahu dalam hal ini dapat menyimak langkah-langkah berikut.

Cara Set Saluran WiFi di Windows Hanya 5GHz atau Lainnya

  1. Ketuk tombol Start Windows
  2. Ketikkan device manager
  3. Buka aplikasi Device Manager
  4. Ketuk View dari menu lalu pilih Show hidden devices
  5. Klik dua kali pada Network adapters
  6. Klik kanan pada WiFi adapter
  7. Pilih Properties
  8. Dari jendela Properties, masuk ke tab Advanced
  9. Pada menu Property, pilih Band atau Preferred band
  10. Ubah bagian Value ke saluran yang diinginkan (misalnya 5GHz atau lain)
  11. Akhiri dengan mengetuk tombol OK

Penamaan WiFi adapter serta beberapa menu di atas kemungkinan berbeda-beda untuk setiap komputer. Biasanya akan tergantung pada model maupun merek dari peranti jaringan yang digunakan di dalam perangkat.

Opsi Band atau Preferred band bahkan bisa saja tidak muncul di beberapa komputer. Jika ini terjadi maka kita perlu memaksa sambungan secara manual. Khusus untuk mengubah ke 5GHz misalnya, ketuk VHT 2.4G di bagian Property lalu ubah Value ke Disable.

Apabila opsi Band, Preferred band, maupun VHT 2.4G tidak muncul di bagian Property, maka kemungkinan besar komputer hanya mendukung satu saluran saja. Kita secara khusus bisa mematikannya dengan menggunakan beberapa langkah berikut.

Baca Juga  OPPO A16e Resmi Dirilis di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya!

Cek Dukungan WiFi Komputer Windows

  1. Tekan Start Windows
  2. Ketik command prompt
  3. Klik kanan pada aplikasi tersebut
  4. Pilih Run as administrator
  5. Ketik perintah netsh wlan show drivers di jendela Command Prompt
  6. Tekan tombol Enter
  7. Cari bagian Radio types supported

Pada bagian Radio types supported, kita dapat mengecek standar peranti jaringan yang digunakan. Kita pun bisa menggunakannya untuk melihat apakah komputer sudah mendukung saluran WiFi 5GHz atau belum.

Jika memuat standar 802.11a atau 802.11ac maka komputer dipastikan mendukung WiFi 5GHz. Sementara jika menampilkan 802.11n, 802.11g, atau 802.11b, hanya dapat beroperasi dengan saluran 2,4GHz saja.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari CRCOID. langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/CRCOID.

Source link